Sunday, 22 September 2019

Asian Cup 2019

Perempuan Iran Boleh Nonton Bola di Stadion

Senin, 9 Maret 2015 — 17:39 WIB
Ali Kaffashian, Presiden Federasi Sepakbola Iran.

Ali Kaffashian, Presiden Federasi Sepakbola Iran.

IRAN – Setelah Presiden FIFA, Sepp Blatter, terus mendesak, Iran akhirnya membuat kebijakan baru. Kaum perempuan bisa menonton pertandingan sepakbola secara langsung di stadion-stadion di Iran.

“Kami bertekad memberikan fasilitas terbaik saat menjadi tuan rumah Asian Cup 2019,” ujar Presiden Federasi Sepakbola Iran, Ali Kafashian kepada kamtor berita Irna seperti dilaporkan alarabiya.net.

Kebijakan ini dikeluarkan sehari setelah Sepp Blatter menyebutkan dilarangnya perempuan ke stadion sebagai ‘situasi yang tidak bisa ditoleransi’.

Sebelumnya, walapun perempuan dari negara lain boleh menonton pertandingan di stadion, perempuan Iran tak diizinkan. Peraturan pelarangan ini diterapkan sejak revolusi tahun 1979 dengan alasan untuk melindungi perempuan dari tingkah laku kasar penonton pria.

Namun, pelarangan ini dianggap bisa merusak kesempatan Iran menjadi tuan rumah Asian Cup 2019. “Asian Football Confederation telah meminta beberapa persyaratan yang telah kami setujui. Kami mempunyai peraturan tentang perempuan di stadion tapi sehubungan dengan warga negara asing, kami sedang mencari cara untuk mengatasinya,” kata Kafashian. (firdaus)