Wednesday, 14 November 2018

Walikota Jakarta Pusat Ancam Beri Sanksi Pada Pengelola Wisma Kosgoro

Senin, 9 Maret 2015 — 23:22 WIB
Kebakaran Wisma Kosgoro yang juga belum padam

Kebakaran Wisma Kosgoro yang juga belum padam

JAKARTA (Pos Kota) – Walikota Jakarta Pusat, Mangara Pardede, mengancam  menyetop izin gedung Wisma Kosgoro yang terbakar pada Senin (9/3) malam. Ini menyusul buruk instalasi gedung yang terletak di Jalan MH. Thamrin tersebut.

Hal tersebut diungkapkan Mangara setelah mendapat laporan dari Sudin Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Jakarta Pusat, Idris usai menaklukkan si jago merah.

“Dari laporan yang saya terima sudah sejak 2008 instalasi gedung ini buruk dan pernah diberikan peringatan. Namun tidak juga digubris pengelola,” tukas Mangara.

Salah satu instalasi yang tidak layak tersebut dikatakannya berada di lantai 20. Fakta ini dikatakan Mangara terungkap saat petugas pemadam kebakaran yang tengah berusaha memadamkan api tidak dapat menggunakan lift kebakaran. “Liftnya tidak berfungsi. Petugas terpaksa naik tangga darurat hingga lantai 16,” tandasnya.

Adapun Mangara melanjutkan bahwa peringatan keras pernah dilayangkan pada tahun 2005 agar pe milik gedung melakukan perbaikan instalasi. Peringatan tercantum selambat-lambatnya perbaikkan dilakukan dalam riga tahun. Namun kenyataannya hingga tahun 2008 juga tidak dilakukan. “Pasti ada sanksinya. Hal ini telah diatur dalam Peraturan Daerah (Perda),” tegas Mangara.

Untuk proses pemadaman, petugas menggunakan mobil damkar sky lift. Pantauan di lokasi, seorang petugas damkar berada di atasnya.

Mobil ini digunakan untuk mengirimkan petugas damkar ke atas gedung Oil Centre yang berada di sebelah Wisma Kosgoro. Petugas lalu menyemprotkan air dan melakukan observasi titik-titik api di dalam Wisma Kosgoro.(guruh)

  • miris

    PR utk Pemda DKI, apakh smua gedung bertingkat/apartemen/kondomunium yg tersebar di seluruh Metropolitan Jakarta, sdh mengikuti sesuai perda yg berlaku??