Tuesday, 25 September 2018

Diblokir di Cina Daratan, Twitter Ada di Hong Kong

Selasa, 10 Maret 2015 — 20:34 WIB

HONG KONG – Twitter Inc membuka kantor di Hong Kong walaupun situs twitter diblokir di daratan utama Cina. Kantor ini akan dipimpin seorang eksekutif, Peter Greenberger.

Dengan pembukaan kantor ini, perusahaan asal San Francisco itu bisa mendapatkan pemasukan dari iklan Cina. Namun walaupun pengguna internet di daratan utama Cina mungkin tidak bisa melihat iklan-iklan tersebut.

Pada tiga bulan terakhir di tahun lalu, twitter mendapat pemasukan 479 juta dollar AS dari pemasang iklan yang membayar iklan mereka muncul sebagai ‘promoted tweets’. Iklan ini tampil di timeline pengguna.

Saat ini, pengguna twitter mencapai 288 juta di seluruh dunia. Cina telah memblokir twitter sejak 2009. Selain twitter, facebook dan youtube juga tidak bisa diakses pengguna internet Cina. Pemerintah memberlakukan sensor ini dengan alasan menjaga keteraturan sosial.

Walaupun dilarang di Cina, beberapa perusahaan asal Cina seperti Huawei dan kantor berita milik negara, Xinhua, memanfaatkan jasa twitter. Tujuannya, menggapai konsumen di dunia. (firdaus)