Wednesday, 19 September 2018

Koin Senilai Rp7,3 Juta Diserahkan ke Kedubes Australia

Selasa, 10 Maret 2015 — 14:06 WIB
Koin untuk  Australia - BBC

JAKARTA –  Sebanyak empat kantung plastik berisi koin senilai Rp7,3 juta diserahkan ke Kedutaan Besar Australia di Jakarta, Selasa (10/3).

Puluhan mahasiswa dan pemuda menyerahkan koin untuk Perdana Menteri Australia Tony Abbott diserahkan mahasiswa asal Aceh, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, dan Jawa kepada perwakilan Kedubes Australia.

Saat diserahkan, koin-koin berjumlah 17.837 keping itu bernilai total Rp7,3 juta.

Kendati demikian, salah seorang mahasiswa bernama Rahmat Himran mengatakan dia dan rekan-rekannya akan terus mengumpulkan koin untuk Abbott sampai sehari sebelum eksekusi mati.

Aksi pengumpulan koin dilakukan di sejumlah daerah di Indonesia setelah Abbott melontarkan pernyataan yang dianggap mengaitkan bantuan Australia dalam bencana tsunami di Aceh 2004 dengan rencana eksekusi terhadap dua warga Australia, Myuran Sukumaran dan Andrew Chan.

Di Jakarta, pada 22 Februari lalu, aksi simbolis berupa pengumpulan koin untuk diberikan kepada pemerintah Australia digelar oleh sekelompok orang di sela-sela acara car free day di bundaran Hotel Indonesia.

Sebelumnya, Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (Kammi) Aceh menggelar aksi pengumpulan koin sebagai protes atas pernyataan Abbott tersebut, sejak Sabtu (21/02) lalu.

Seruan pengumpulan uang koin ini juga marak di media sosial yang ditandai kehadiran ribuan tagar#CoinForAustralia dan juga #KoinUntukAustralia. – bbc/d