Tuesday, 18 June 2019

Perompakan Marak, Nelayan di Pulau Sebira Resah

Kamis, 26 Maret 2015 — 20:47 WIB
Sejumlah nelayan di Pulau Sebira, Kepulauan Seribu. (dok. pos kota)

Sejumlah nelayan di Pulau Sebira, Kepulauan Seribu. (dok. pos kota)

PULAU SERIBU (Pos Kota) – Maraknya aksi perompakan di perairan Kepualauan Seribu khususnya Pulau Sebira, Kelurahan Pulau Harapan, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara meresahkan para nelayan.

Untuk itu mereka berharap kepada aparat keamanan untuk segera mengambil tindakan sehingga nelayan bisa dapat kembali beraktivitas melaut.

Permintaan ini disampaikan oleh Andrew,36, salah seorang nelayan pancing. Menurutnya, akhir-akhir ini di perairan Kepulauan Seribu, para nelayan dihantui maraknya aksi perompak di tengah laut.

“Kalau kita sendiri berangkat melaut tidak berani, biasanya kami kalau ingin mancing ikan selalu pergi dengan cara berkonvoi diikuti sedikitnya 3 hingga 4 kapal dengan kapasitas minimal 7 orang perkapal,”ungkap, Andrew.

Diakui oleh Nelayan Pulau Sabira, para nelayan tidak ada yang berani melaut sendirian karena takut menjadi makanan empuk para perompak. Sebab pada tahun 90-an lalu peristiwa perompakan ditengah laut pernah terjadi dan dialami langsung oleh adik kandungnya sendiri.

Namun, para pelaku tidak melukai korbannya, tapi hanya merusak kapal dan mengambil mesin dan menyerahkan ikan hasil tangkapan. “Para pelaku itu saat beraksi menggunakan pistol dan parang untuk melancarkan aksinya tersebut,” katanya.

Atas maraknya aksi perampokan ini, dia bersama kawan-kawannya meminta kepada aparat keamanan untuk segera mengambil langkah-langkah untuk segera menindak para pelakunya. “Jangan sampai menunggu ada korban baru beraksi, kami nelayan disini benar-benar takut nanti terjadi apa-apa. Maka dari itu kami berharap petugas segera melakukan tindakan,” harapnya.

Menanggapi keluhan itu Wakil Bupati kepulauan Seribu Budi Utomo mengaku pihaknya akan segera berkoordinasi dengan Polres Kepulauan Seribu dan Pol Air, Polda Metro Jaya. “Kami akan secepatnya berkoordinasi dengan pihak kepolisian, mudah-mudahan dalam waktu dekat segera dilakukan operasi sehingga kedepan para nelayan bisa berlayar kembali,”katanya. (wandi/d)

foto: Sejumlah nelayan yang tak berani melaut memarkirkan kapal-kapalnya didermaga Pulau Sabira.