Thursday, 20 September 2018

Babinkamtibmas dan Warga Garap Lahan Tidur

Sabtu, 28 Maret 2015 — 16:07 WIB
Foto-Kapolsek Cipocok Jaya, Kompol Agus Purwa disalah satu tempat peternakan kambing program Babinkamtibmas.(haryono)

Foto-Kapolsek Cipocok Jaya, Kompol Agus Purwa disalah satu tempat peternakan kambing program Babinkamtibmas.(haryono)

SERANG (Pos Kota) – Dalam upaya menekan angka kriminalitas, polisi tidak melulu menangkap pelaku kejahatan. Melalui personil Bintara Pembinaan Keamanan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas) Kepolisian Sektor (Polsek) Cipocok Jaya, menggandeng masyarakat untuk memanfaatkan lahan tidur menjadi lahan produktif di sektor pertanian, perkebunan dan peternakan.

“Program ini kita ciptakan untuk memberdayakan masyarakat serta upaya Polri mendekatkan diri kepada masyarakat. Dengan menekan angka pengangguran, kita yakin akan mengurangi angka kejahatan,” ungkap Kompol Agus Purwa, Kapolsek Cipocok Jaya, Sabtu (28/3).

Menurut Kapolsek, lahan tidur yang dibiarkan pemiliknya tersebut berada di 8 kelurahan di Kecamatan Cipocok Jaya. Dikatakan Kapolsek, untuk menjalankan program ini lebih luas lagi, pihaknya telah menggerakan 1 personil Banbinkamtibmas untuk 1 kelurahan.  Dalam menggarap lahan tidur tersebut personil Babinkamtibmas bekerjasama dengan pihak kelurahan. “Bersama pihak kelurahan kita menghubungi para pemilik lahan untuk meminta ijin penggarapan,” tutur kapolsek.

Foto-Briptu Yudi Haryanto, Babinkamtibmas Polsek Cipocok Jaya dilahan pertanian siap panen di Kp Sewo, Kel. Banjarsari hasil garapan babinkamtibmas dan masyarakat. Lebihlanjut dikatakan, model-model pemanfaatan lahan non produktif atau lahan tidur disesuaikan dengan situasi, kondisi lahan. Untuk pekarangan sempit bisa ditanami dengan tanaman herbal atau sayuran. Sedangkan yang memiliki lahan luas disekitar rumah bisa dijadikan lahan peternakan, semisal kambing dan ayam. Sedangkan lahan tidur yang dibiarkan pemiliknya ini, digarap untuk lahan penanaman padi.

“Untuk penyuluhnya kita datangkan ahlinya dari UPT Dinas Pertanian Kota Serang dan Pemprov Banten,” terang Agus Purwa.

Dikatakan Kompol Agus, pihaknya saat ini sudah mengembangkan penanam padi dan kambing dibeberapa lokasi di Kelurahan Banjarsari. Bahkan beberapa areal persawahan yang ditanami padi dalam waktu dekat siap untuk dipanen. Rencananya, panen padi garapan polisi dan masyarakat ini akan dilakukan Plt. Gubernur Banten dan Kapolda Banten.

“Mudah-mudahan Plt Gubernur dan Kapolda Banten bisa hadir,” kata Kapolsek.

Sementara itu, Madlani, warga  Kelurahan Banjarsari, menyambut baik kegiatan pemanfaatan lahan tidur sebagai salah satu solusi untuk menekan angka pengangguran serta meningkatkan produktivitas lahan non produktif menjadi sumber daya alam yang potensial.

“Kami berharap program ini bisa dijadikan contoh bagi personil kepolisian di daerah lain. Dengan memberikan sumbangsih seperti ini sudah menjadikan polisi dekat dengan masyarakat,” harapnya. (haryono/yo)

  • ben syafiq

    Pak Polisi berkiprah…
    Cuma sayang….yang berbuat baik
    dikhianati Polisi lain yang hanya
    mementingkan dirinya sendiri.
    Semua Polisi menjadi jelek
    jelek, tidak pernah akan baik
    selagi masih ada oknum yang
    hasud, kehianat, pecundang
    berbuat tercela dimasyarakat.