Sunday, 25 August 2019

Dit Binmas Polda Metro Jaya:

Cegah Kejahatan Dengan Pam Swakarsa dan Siskamling

Sabtu, 28 Maret 2015 — 10:26 WIB
Foto-Kapolsek Pancoran Mas Kompol Purwadi sedang memberikan pemaparan masalah gangguan kamtibmas di depan para peserta dan tim. (Angga)

Foto-Kapolsek Pancoran Mas Kompol Purwadi sedang memberikan pemaparan masalah gangguan kamtibmas di depan para peserta dan tim. (Angga)

DEPOK (Pos Kota) – Upaya pencegahan kerawanan gangguan kamtibmas di masing-masing wilayah hukum Polda Metro Jaya. Tim Direktur pembinaan Masyarakat (Dit Binmas) Polda Metro Jaya melakukan kegiatan keliling pam swakarsa dan siskamling di wilayah hukum Pancoran Mas dan Cipayung, Kota Depok, Jumat (27/3) malam.

Kepala Seksi Pembinaan Bimas Polda Metro Jaya, Kompol H.Zainal Arifin memberikan informasi kepada masyarakat dalam mengaktifkan kembali pam swakarsa dan siskamling. “Kegiatan ini sudah dilakukan selama sebulan untuk wilayah hukum Pancoran Mas dan Cipayung. Rencana tim akan melanjutkan ke wilayah lain di jajaran Polda Metro Jaya,” ujar Kapolsek Pancoran Mas, Kompol Purwadi SH, Sabtu (28/3) pagi.

Menurut Kapolsek, berdasarkan hasil pemetaan kerawanan wilayah untuk Pancoran Mas dan sekitar, sering terjadi pencurian pemberatan seperti pencurian rumah kosong dan sepeda motor di wilayah Cipayung.

“Mayoritas wilayah Cipayung masih banyak pemukiman dan perumahan sehingga rentan kasus pencurian. Potensi tingkat kerawanan lebih tinggi ketimbang kecamatan Pancoran Mas,”ungkapnya.

Upaya pencegahan dilakukan dengan cara mengimbau untuk mengaktifkan lagi pamswakarsa dan kegiatan siskamling masing-masing wilayah. “Dengan ada rasa peduli terhadap menjaga barang yang kita punya, otomatis terhadap lingkungan juga sama yaitu masyarakat berperan ikut membantu menjaga keamanan lingkungan,” kata mantan Wakasat Reskrim Polresta Depok.(angga/yo)