Tuesday, 20 November 2018

Santap Nasi Bungkus, 56 Warga Keracunan

Sabtu, 28 Maret 2015 — 16:13 WIB
Foto-Ilustrasi.

Foto-Ilustrasi.

BANDUNG (Pos Kota) –  Sebanyak 56 warga Kampung Kadupugur, Indihiang, Kota Tasikmalaya, keracunan usai menyantap nasi dus dari tetangga yang menggelar tahlilan. Hingga Sabtu (28/3) tercatat 18 warga  masih menjalani perawatan di Puskesmas Cigeyreung, dan 5 warga dirujuk ke RSUD Tasikmalaya.

Didin Fitriyadi, Kabid Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, menjelaskan, keracunan massal yang terjadi di Indihiang berlangsung Jumat (27/3) malam. Mereka awalnya keserang pusing, mual dan muntah muntaj beberapa jam usai menyantap nasi dus usai tahlilan di rumah tentangga mereka.

“ Dugaan kuat pemicu keracunan makanan dari dus nasi tahlilan,“ ucapnya. Untuk memngungkap penyebab keracunan Dinkes pun sudah mengambil sampel makanan, sampel muntah para korban untuk diuji di labolatorium kesehatan.

Ia menambahkan, berdasar catatan, Jumat malam jumlah warga yang keracunan mencapai 56 orang. Kini jumlahnya berangsur berkurang. “ Yang masih menjalani oerawatan 23 korban, 5 dirujuk ke RSUD dan sisanya dirawat di Puskesmas,“ ucap dia. (dono/yo)