Saturday, 18 November 2017

Piala Asia U23 2016

Tekuk Brunei, Garuda Muda Puncaki Klasmen

Minggu, 29 Maret 2015 — 18:54 WIB
Muchlis Hadi menyundul bola mencetak gol kedua bagi Indonesia. (yogi)

Muchlis Hadi menyundul bola mencetak gol kedua bagi Indonesia. (yogi)

JAKARTA (Pos Kota) – Timnas Indonesia U-22 kembali meraih kemenangan di laga kedua kualifikasi Piala Asia U-23 2016, Minggu (29/3) petang. Dalam laga yang digelar di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, itu Garuda Muda mengalahkan Brunei dengan 2-0.

Kemenangan ini membuat Indonesia memimpin klasmen Grup H. Tim meraih enam poin dari dua laga yang telah dijalani.

Indonesia mengawali laga dengan langsung mengancam gawang tamunya. Sejumlah teror harus dihadapi pasukan Stephen Heng. Namun, semua kesempatan itu belum juga bisa membobol gawang lawan lantaran solidnya pertahanan Brunei.

Gendar menekan, Brunei membuat serangan balik cepat. Peluang emas didapat tim tamu ketika HAnsamu Yama melanggar Nur Syazwan di daerah terlarang. Wasit pun menunjuk titik putih.

Kiper Natshir Fadhil menjadi penyelamat setelah berhasil menggagalkan penalti Aimmil Rahman. Ia menepis bola yang datang ke kiri gawang.

Tuan rumah terus menekan. Namun, pertahanan Brunei sangat rapat karena hampir semua pemain menumpuk di daerahnya.

Sebuah peluang Hendra Bayauw yang bisa melewati dua pemain lawan gagal berbuah gol Tendangannya masih melayang di atas mistar.

Menit 38, Adam Alis, Antoni Putro dan Ilham Udin bekerja sama dengan baiknya. Tapi sayang bola yang disepak Ilham dari jarak dekat bisa diblok kiper Ahsanuddin. Hingga babak pertama berakhir, tak satu tim pun yang bisa mencetak gol.

Selepas jeda, Indonesia meningkatkan gempurannya. Tapi Brunei yang bertahan habis membuat pasukan Aji Santono kesulitan menembus.

Upaya membobol gawang lawan, sejumlah tendangan jarak jauh kerap dilancarkan, terutama oleh Wawan. Namun tetap saja jala gawang Brunei susah dirusak.

Menit 70, teror yang ditebar menuai hasil. Sebuah sepak pojok Wawan nekahirkan kemelut di depan gawang, yang dimanfaatkan Ahmad Nufiandfi untuk melepas tembakan yang tak bisa dihalau kiper lawan. Skor menjadi 1-0 untuk Indonesia.

Unggul, Garuda Muda kian galak. Serangan lebih gencar dilakukan. Gol kedua pun didapat. Pada menit 88, umpan silang Antoni disambut Muchlis Hadi dengan sundulannya. Indonesia unggul 2-0. Sampai wasit meniup pluit panjang, tak ada gol tambahan tercipta. (wawang)

Susunan Pemain

Brunei Darussalam: Ahsanuddin; Nur Azees, Asnawi Syazni, Khairil Shahme, Suhaimi Salau; Abdul Khair; Faiz Farhan (Muhammad Nadzri 75), Yura Indera (Nur Ikhmal 24); Abang Hazim (At Tawwab 57), Aimmil Rahman; Nur Syazwan.

Indonesia: Natshir Fadhil; Andik Rendika, Manahati Lestusen, Hansamu Yama, Puti Gede; Hendra Bayauw (Muchlis Hadi 58), Adam Alis, Paulo Sitanggang, Ahmad Nufiandani, Ilham Udin (Wawan Febrianto 62); Antoni Putro (Safri Al Irfani 90+4).

  • adam bahtiar

    Alhamdulilah, berita yang menggembirakan, maju terus garudakku