Thursday, 19 September 2019

Jelaskan Pencalonan Kapolri

Jokowi Cari Waktu Tepat Bertemu Pimpinan DPR

Rabu, 1 April 2015 — 17:17 WIB

JAKARTA (Pos Kota) – Presiden Jokowi sudah mengutus tiga menteri bertemu pimpinan DPR untuk menjelaskan tentang pencalonan Kapolri Komjen Pol Badrodin Haiti (BH), termasuk menjelaskan tentang kenapa Jokowi tidak melantik Komjen Pol Budi Gunawan (BG) sebagai Kapolri.

Namun, DPR tetap menghendaki agar Jokowi yang menjelaskan langsung. “Sekarang ini sedang mencari waktu yang tepat presiden mau melakukan pertemuan informal dengan pimpinan DPR dan dan ketua-ketua fraksi,” tutur Mendagri Tjahjo Kumolo, di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (1/4).

Tjahjo mengatakan selama ini,  beberapa kali pimpinan DPR datang ke Istana untuk melakukan pertemuan informal dengan Presiden Jokowi. Nah, DPR ingin Jokowi melakukan kunjungan balasan ke DPR.

Di sisi lain, kata Tjahjo, dalam pertemuan informal Jokowi dan DPR  yang ingin dibicarakan juga banyak. Bukan hanya mengenai Budi Gunawan, tapi juga postur APBN berkaitan dengan kurs rupiah, kenaikan BBM, Pansel KPK, Perppu KPK, dan revisi UU Teroris.

“Juga tentu akan menjelaskan mengenai surat presiden kepada Ketua DPR yang berkaitan dengan pergantian calon kapolri yang oleh DPR masih dianggap perlu penjelasan detail, bagaimana maksudnya apa,” jelas Tjahjo.

Sebelumnya, Jokowi mengutus Menko Polhukam Tedjo Edhy Purdjianto dan Mendagri Tjahjo Kumolo serta Mensesneg Pratikni bertemu dengan pimpinan DPR untuk menjelaskan tentang pencalonan BH, dan alasan tidak melantik BG. (Johara)