Monday, 24 July 2017

Paripurna Angket DPRD DKI Ditunda Kamis

Rabu, 1 April 2015 — 15:36 WIB

GAMBIR (Pos Kota) – Pelaksanaan rapat paripurna tentang penyampaian hasil angket DPRD DKI Jakarta batal digelar hari Rabu ini. “Rapat diundur Kamis, dikarenakan seluruh fraksi masih melakukan rapat internal untuk persiapan penyampaian pendapat,” ujar anggota Tim Angket Prabowo Soenirman di gedung Dewan, Gambir, Rabu (1/3).

Jadi, menurut politisi Gerindra tersebut, hari Rabu ini agendanya adala rapat internal fraksi-fraksi buat persiapan paripurna. Menurutnya, penyampaian hasil angket ini harus segera dilaksanakan agar ada keputusan dan langkah yang akan dilakukan Dewan terhadap Gubernur Ahok yang diduga melakukan pelanggaran soal kisruh APBD 2015.

“Dalam paripurna nanti akan kita sampaikan hasil hak angket yaitu Gubernur DKI telah mengirimkan dokumen palsu ke Kemdagri. Nah nanti kita putuskan dalam paripurna itu,” ujar Prabowo yang juga pensiunan PNS DKI dan pernah menjabat sebagai Dirut PD Pasar Jaya.

“Para anggota Dewan akan mengeluarkan Hak Menyatakan Pendapat (HMP). Kemudian dalam HMP tersebut nantinya ada, tim khusus yang akan membawa hasil pelanggaran ke Mahkamah Agung (MA),” tambahnya.

Wakil Ketua DPRD DKI, Mohammad Taufik membenarkan penundaan rapat paripurna angket. “Iya benar. Paripurna akan digelar besok, Kamis,” kata Taufik yang berpendapat Ahok melakukan pelanggaran mengirimkan draf APBD versinya sendiri untuk diproses di Kemdagri. “Namun DPRD DKI tidak bisa menyalahkan Kemdagri yang melakukan evaluasi terhadap dokumen RAPBD DKI 2015 palsu tersebut. Tugas Kemdagri adalah menerima apa yang disampaikan eksekutif,” papar Taufik.

Menurutnya kalau waktu itu Mendagri tidak melakukan (evaluasi) maka lebih salah lagi, karena dia tidak memenuhi kewajiban per-UU-an. “Setelah dikomplain oleh Dewan bahwa itu palsu, makanya dikeluarin perbaikan oleh Kemdagri,” tuturnya.

Seperti diketahui, Panitia Angket telah menyerahkan hasil hak angket kepada pimpinan DPRD DKI hari Senin (30/3). Dari laporan tersebut, Gubernur Ahok diduga telah melakukan pelanggaran terhadap undang-undang (UU) dan etika.
(joko/sir)

Terbaru

Bagi Wenger, Sanchez masih pemain penting untuk Arsenal (reuters)
Senin, 24/07/2017 — 7:39 WIB
Arsene Wenger : Alexis Sanchez Tidak Akan ke PSG
Sebastian Vettel (reuters)
Senin, 24/07/2017 — 6:53 WIB
Vettel Kemungkinan Hekang dari Ferrari
Pep Guardiola dan Danilo (thesun)
Senin, 24/07/2017 — 6:45 WIB
Danilo Resmi Gabung City