Saturday, 25 May 2019

Tiga Penambang Pasir Tertimbun Seorang Tewas

Kamis, 2 April 2015 — 17:03 WIB

SUKABUMI (Pos Kota) – Suherman, 28, penambang pasir tewas tertimbun longsor di Kampung/Desa Caringin, Kecamatan Gegerbitung, Kabupaten Sukabumi. Bencana longsor tersebut juga melukai dua penambang lainnya. Peristiwa maut itu terjadi ketika mereka tengah menambang, Kamis (2/4).

Ketua Forum Koordinasi SAR Daerah (FKSD) Kabupaten Sukabumi, Okih Fajri Assidiqie  menjelaskan dalam proses evakuas korban, anggota Tim SAR dibantu petugas dari kecamatan dan desa serta TNI/Polri. Korban tewas mengalami  luka di bagian kepala dan kehabisan nafas setelah terkubur beberapa lama di tanah yang longsor itu.

“Proses evakuasi sudah selesai. Semua korban sudah dievakuasi satu orang tewas dan dua lainnya selamat tetapi mengalami luka. Kedua korban luka langsung dibawa RSUD R Syamsudin SH Kota Sukabumi,” jelas Okih.

Camat Gegerbitung, Gungun menerangkan, bencana longsor terjadi ketika ketiga korban tengah melakukan aktivitas menambang pasir kwarsa. Tiba-tiba tanah yang berada di atas longsor dan menimpa ketiganya.

“Longsor diduga disebabkan karena tidak mampu menahan bobot. Belum lagi karena hujan deras yang terus mengguyur sepanjang hari sehingga tanah menjadi gembur dan mudah longsor. Sementara, kami menutup lahan tambang rakyat ini,” tandasnya.

Sementara itu, tingginya angka bencana longsor menjadikan Kabupaten Sukabumi berstatus siaga longsor. Dari hasil pemetaan ada 40  dari 47 kecamatan yang masuk zona rawan longsor. (sule)