Tuesday, 16 July 2019

Dedy Mizwar: Gedung Kesenian Banyak di Daerah Pinggiran

Jumat, 3 April 2015 — 13:35 WIB

DEPOK (Pos Kota) – Gedung kesenian kebanyakan di lokasi pinggiran lantaran ada paradigma di antara kepala daerah tentang ketidakmandirian pelaku seni.

“Paradigma itu muncul karena banyak seniman yang selalu meminta sumbangan kepada kepala daerah. Inilah yang mungkin menyebabkan banyak gedung kesenian di daerah-daerah pinggiran,” kata Wakil Gubernur Jawa Barat, Dedy Mizwar dalam diskusi pemuda di Lembah Gurame, Pancoranmas, Depok, Jumat (3/4).

Untuk itu, aktor kawakan itu menyarankan seniman untuk kreatif serta tidak cengeng karena seni itu justru mampu menumbuhkan ekonomi kreatif pada setiap pentas seni.

Menanggapi ini, Wakil Walikota Depok, Idris Abdul Shomad menyatakan kesiapannya bersinergi dengan seniman dan kalangan muda. “Kota Depok sekarang ini punya 63persen remaja dan pemuda, potensi yang tidak bisa diabaikan,” ujarnya didampingi Wakil Ketua Karang Taruna Jawa Barat, Imam Budi Hartono.

Sementara Imam H Budi berjanji menjadikan pemuda sebagai subjek pembangunan dan bukan hanya objek. “Program ini untuk menampung aspirasi dan kreatifitas kaum muda dalam membangun karakter bangsa, dimulai dari Kota Depok,” tandasnya.

(rinaldi/sir)