Saturday, 23 September 2017

20 Kg Shabu Gagal Diselundupkan dari Malaysia

Sabtu, 4 April 2015 — 20:09 WIB
Foto dokumentasi

Foto dokumentasi

MEDAN (Pos Kota)-  Satuan Reserse Narkoba Polres Tanjung Balai  menggagalkan penyelundupan 20 kg sabu-sabu dari Malaysia.

Polisi juga mengamankan tiga nelayan bernama  Guntur, Halim  dan Didit, warga  Tanjung Balai, Sumut.

Pengungkapan berawal polisi mendapat informasi warga yang menyebutkan adanya penyelundupan sabu dalam partai besar melalui via laut.

Sejumlah petugas melakukan penyelidikan dan terjun ke tengah laut. Ternyata barang haram itu diselundupkan dari Malaysia dan dijemput ketiga nelayan.

Saat diperiksa petugas, tersangka Guntur mengatakan, mereka hanya diupah untuk menjemput shabu-shabu dari kapal milik warga Malaysia di tengah laut. Kemudian rencananya sabu akan mereka antar kepada seseorang di Kota Tanjungbalai. Ketiganya mengaku diberi upah Rp 15 juta untuk sekali pengiriman.

Kasat Narkoba Polres Tanjungbalai, AKP M Junjung Siregar mengatakan, ketiga tersangka ini adalah sindikat sabu-sabu internasional yang sebelumnya menjadi target polisi.

“Ada informasi, kemarin ada bot (perahu) nelayan membawa sabu-sabu dari Malaysia. Informasi itu kami tindak lanjuti. Kami langsung pergi ke tengah laut. Tiga tersangka dan barang bukti pun kita amankan.  Begitu juga, polisi menyita muatan perahu yakni sabu-sabu 20 kg,” ucapnya. (samosir)