Friday, 18 August 2017

Tetap Divonis 4 Tahun Penjara

Kasasi Andi Mallarangeng Ditolak MA

Rabu, 8 April 2015 — 21:50 WIB
Korupsi, Mantan Menpora Andi Mallarangeng Divonis 4 Tahun Penjara

JAKARTA (Pos Kota) – Mantan Menpora Andi Alfian Mallarangeng resmi berstatus terpidana, setelah upaya hukum kasasi-nya ditolak oleh Mahkamah Agung (MA).

Dengan demikian, mantan politisi Demokrat tetap menjalani hukuman penjara dalam kasus  perkara Hambalang selama empat tahun dan membayar denda sebesar Rp200 juta.

“Menolak kasasi Andi Mallarangeng,” kata anggota majelis kasasi, Krisna Harahap saat dihubungi oleh wartawan, di Jakarta, Rabu (8/4).

Menurut Krisna penolakan kasasi terdakwa, karena  tanggung jawab Andi  sebagai Pengguna Anggaran (PA) tetap melekat,  meski hal itu sudah  dilimpahkan  kepada Wafid Muharam sebagai Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), dalam bentuk mandat. “Jadi, penanggung jawab utama dalam proyek tersebut tetap terdakwa,” jelas Krisna.

Krisna Harahap dalam mengadili perkara korupsi yang merugikan negara sebesar Rp464 miliar  duduk sebagai anggota bersama Surachmin, dengan ketua Zaharuddin Utama.

Mahkamah Agung juga menolak permohonan kasasi terdakwa Teuku Bagus Mohamad Noor yang juga Kadiv Konstruksi I PT Adhi Karya. Dengan begitu, Teuku tetap dipidana selama enam tahun penjara dan denda sebesar Rp300 juta. (ahi)