Monday, 19 November 2018

Puluhan Ribu Siswa SMA di Jakarta Siap Hadapi UN

Kamis, 9 April 2015 — 9:33 WIB
Foto-Ilustrasi.

Foto-Ilustrasi.

JAKARTA (Pos Kota) – Puluhan ribu siswa tingkat SMA di Jakarta siap mengikuti Ujian Nasional (UN)  yang digelar mulai Senin (13/4) sampai Rabu (15/4). Berbagai persiapan dilakukan. Seperti mulai pendalaman materi pelajaran hingga mental bagi setiap siswa di sekolah.

Data Dinas Pendidikan DKI, untuk tahun ini tercatat  21.457 siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat yang akan mengikuti agenda pendidikan nasional tersebut. Mereka tersebar di 1.159 sekolah.

“Kami sudah mendorong pihak sekolah untuk terus mempersiapkan peserta UN, baik dari segi materi pelajaran hingga mental mereka. Sehingga anak didik kami benar-benar siap menghadapi UN,” kata Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Arie Budhiman, Rabu (8/4).

Untuk distribusi soal, Arie mengungkapkan pencetakan naskah soal UN dilakukan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Naskah soal UN dicetak di Surabaya, Jawa Timur. Rencananya, pada 10 April, naskah soal akan dikirim ke Jakarta dan akan sampai pada Sabtu (11/4) pagi, pukul 03.00.

“Setelah naskah UN sampai di Jakarta, maka akan langsung kita distribusikan ke lima wilayah dan kabupaten. Untuk menghindari adanya kebocoran soal, maka pendistribusian soal UN akan kita kawal oleh pihak kepolisian,” ujarnya.

Dipaparkannya, Disdik telah membentuk panitia UN mulai tingkat sub rayon hingga provinsi. Selain itu, pihaknya juga telah melakukan simulasi kesiapan distribusi naskah agar lancar, aman dan terjamin kerahasiaannya. Sedangkan untuk siswa, telah dilakukan uji coba UN sebanyak dua kali. “Kami pun berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya untuk meningkatkan keamanannya,” pungkasnya.(guruh)