Sunday, 23 September 2018

Sebagai Tuan Rumah Asian Games

Jakarta Benahi Sarana Olahraga

Senin, 13 April 2015 — 10:04 WIB

JAKARTA (Pos Kota) – Perhelatan akbar internasional Asian Games 2018 tinggal 3 tahun lagi. Durasi yang sangat singkat jika dibanding 6 tahun persiapan Incheon, Korea menjadi tuan rumah Asian Games 2014 lalu.

Pemprov DKI Jakarta terus berbenah diri sebagai upaya persiapan menjadi tuan rumah Asian Games ke XVIII/ 2018.
Ada empat tahapan umum yang harus dikerjakan Pemprov DKI dalam menyambut perhelatan akbar internasional 4 tahunan yang akan diikuti sedikitnya 45 negara tersebut.

Tahapan pertama di tahun 2015 ini menurut Kadisorda DKI, DR Zainal Soleman, MPd, DKI harus memulai pembangunan dan rehab atau renovasi venues serta infrastruktur pendukung. Kemudian finalisasi master plan dan memperoleh persetujuan dari OCA (Olympic Council of Asia) untuk program dan acara.

Tahap kedua, di tahun 2016, finalisasi perencanaan operasional, memulai persiapan operasional dan pembangunan perkampungan atlet.

Tahap ketiga, tahun 2017, penyelesaian seluruh venues dan infrastruktur pendukung serta pengujian kesiapan operasional dan test event.

Sedangkan tahap keempat, tahun 2018, DKI harus menyelesaikan pembangunan kampung atlet, memperoleh persetujuan OCA untuk operasional acara.

13 SKPD

Di fase terakhir ini pula digelarnya Asian Games ke XVIII. Kata Zainal lagi, ada 13 SKPD (satuan kerja perangkat daerah) yang turut andil dalam menyukseskan pelaksanaan Asian Games tersebut.

“Namun untuk pembangunan dan rehab seluruh venues, yang menggunakan dana APBD DKI, saat ini menunggu pencairan APBD dan proses lelang. Kita optimis seluruh perbaikan venue dan sarana penunjang selesai tepat waktu,” ujar

Sejak ditetapkan menjadi tuan rumah Asian Games 2018 pada September lalu oleh Olympic Council of Asia (OCA), Indonesia memang belum juga mempunyai payung hukum pelaksanaan multicabang yang diikuti negara-negara se-Asia tersebut.
(ali/ds)