Wednesday, 19 September 2018

Matikan FM, Norwergia Negara Pertama Gunakan Radio Digital

Minggu, 19 April 2015 — 21:45 WIB
Radio digital. (ilustrasi)

Radio digital. (ilustrasi)

NORWEGIA – Kementerian Kebudayaan Norwegia mengumumkan rencana mematikan siaran radio FM sebagai langkah akhir transisi menuju ke radio digital. Langkah ini menjadikan Norwegia negara pertama di dunia yang menghentikan semua siaran analog dan menggantikannya dengan siaran digital.

Dilaporkan Radio.no, dengan menggunakan siaran digital, pendengar akan mendapat lebih banyak pilihan kanal dan keberagaman konten. Transisi dari siaran analog ke siaran digital di Norwegia telah dimulai sejak tahun 1995. Dalam dua tahun terakhir, jaringan siaran digital nasional dan beberapa radio digital lokal telah berdiri.

Menurut hasil survey TNS Gallup, sedikitnya 56 persen pendengar radio menggunakan radio digital setiap harinya. Selain itu, 55 persen rumah tangga memiliki paling tidak satu radio penangkap siaran digital.

Rencananya, siaran FM akan mulai dimatikan pada 11 Januari 2017. Pada 13 Desember 2017 diharapkan semua radio FM sudah
digantikan dengan radio digital.

Berdasarkan Postel, go,id, Indonesia pun sebenarnya sedang menjalankan transisi ke siaran digital. Sejak akhir 2012, infrastruktur TV digital sudah mulai dibangun. Saat ini proses penonaktifan analog memasuki Fase II dengan siaran televisi analog dan digital berjalan bersamaan. Diharapkan pada 2018 siaran televisi analog sudah tidak ada lagi di Indonesia.

Bagaimana dengan siaran radio digital? Untuk radio digital, frekuensi yang digunakan adalah Band III VHF 174-216 MHz yang saat ini masih dipergunakan untuk siaran TVRI dan beberapa televisi swasta. Bila frekuensi ini telah dikosongkan, maka siaran radio digital bisa menggunakannya sebagai kanal siaran. Jadi, kemungkinannya siaran radio digital Indonesia masih mempunyai jalan yang panjang. (firdaus)