Sunday, 18 November 2018

Banyuwangi Gelar Internasional Tour The Ijen

Selasa, 21 April 2015 — 14:08 WIB
Foto-Menteri Pariwisata Arief Yahya ketika dan jajaran Pemkot Banyuwangi dalam jumpa pers International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI)  di Ruang Rapat Lantai. 17, Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor Kementerian Pariwisata, Senin (20/4).(lina)

Foto-Menteri Pariwisata Arief Yahya ketika dan jajaran Pemkot Banyuwangi dalam jumpa pers International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) di Ruang Rapat Lantai. 17, Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor Kementerian Pariwisata, Senin (20/4).(lina)

JAKARTA (Pos Kota) -Untuk memamerkan pesona alam dan wisatanya, Pemerintahan Kabupaten Banyuwangi kembali menggelar International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) Balap Sepeda tingkat International.

Tahun ini, ITdBI dihelat selama empat hari pada 6 – 9 Mei 2015 dan masuk dalam rangkaian agenda Banyuwangi Festival yang merupakan calender of event pariwisata kabupaten yang berjuluk The Sunrise of Java.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya, sangat mendukung event besar tahunan berskala Internasional ini. “Kegiatan wisata olahraga (sport tourism) seperti Tour de Ijen ini disamping bermakna bagi promosi destinasipariwisata Banyuwangi khususnya, tetapi juga merupakan bagian dari sosialisasi branding Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia kepada masyarakat nasional dan luar negeri (mancanegara),” kata Menpar Arief Yahya dalam jumpa pers International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) di Ruang Rapat Lantai. 17, Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor Kementerian Pariwisata.

Event balap sepeda yang sudah masuk agenda rutin (calendar of event) Persatuan Balap Sepeda Internasional (Union Cycliste Internationale/UCI) ini diharapkan akan diikuti pembalap dari 27 negara, antara lain Perancis, Kanada, Amerika Serikat, Jepang, Thailand, Iran, Spanyol, Malaysia, Filipina, Australia, Korea, Cina, Italia, Uzbekistan, dan Indonesia.

Muhammad Yanuar Bramudya, Kepala Dinas Pariwisata Banyuwangi mengatakan dengan adanya event internasional ini mampu menjaring wisatawan mancanegara sampai 70 ribu dan wisatawan nusantara 1,6 juta orang.
Sebelumnya pada 2014 wisman tercatat 15 ribu orang dan wisnus mencapai 35 ribu orang.

“Pada balap sepeda ini rute yang dijajaki adalah pelosok daerah.Jadi sekalian memperkenalkan keindahan alam Banyuwangi. Jadi kami ingin memberikan dampak kepada masyarakat akan industri kreatifnya seperti sentra oleh-oleh yang bertambah juga penginapan yang mulai bertambah,” ujarnya.

Pesona Banyuwangi yang akan diperkenalkan adalah seperti Gren Ratu Dodol, Brangsring Gres, Pantai Boom, Gunung Ijen dan Muncar dan lainnya.

(lina/sir)

  • Lina Sunaryo

    Woawww …..