Thursday, 27 July 2017

Sakit Menahun Tak Sembuh, Seorang Kakek Tewas Gantung Diri

Selasa, 28 April 2015 — 14:26 WIB
Foto-Ilustrasi

Foto-Ilustrasi

BOGOR (Pos Kota) – Orang miskin selalu memilih jalan pintas mengakhiri penderitaan, manakala sakit yang diderita tak kunjung sembuh di tengah ketidakmampuan biaya rumah sakit.

Seperti yang dilakukan kakek, Soepar 72. Ia nekat gantung diri (Gandir) saat dilanda stres akibat sakitnya tak kunjung sembuh.

Selama bertahun-tahun menahan sakit, jalan pintas ditempuh. Ia akhiri hidupnya dengan gantung diri dirumahnya di Kampung Poncol RT 02/02 Desa Tlajung Udik Kecamatan Gunung putri Kabupaten Bogor.

Menurut informasi, derita penyakit komplikasi selama 3 tahun, menjadi penyebab aksi nekat ini.
Anak angkat korban, Rahmiyanti mengaku, tidak ada keluarga yang mengetahui aksi nekat ini. Keluarga baru tahu, saat melihat ayah tirinya. tergantung di plafon atap rumah.

“Selama ini bapak tinggal seorang diri sejak ibu meninggal. Rumah saya bersebelahan dengan rumah bapak. Saya baru tahu, saat mau masak. Awalnya saya dengar ada suara benda jatuh. Saya lari dan berusaha masuk ke rumah bapak, tapi dikunci dari dalam, khawatir bapak kenapa-napa saya panggil warga. Saat kami masuk, sudah tergantung dan tanpa nyawa, “katanya, Selasa (28/4/2015).

Ia mengaku, dirinya dan warga masuk ke dalam rumah dengan cara mendobrak pintu. “Dia pakai tali jemuran,”paparnya. Rahmiyanti mengaku pasrah atas kejadian ini.

“Selama ini ayah saya memang tinggal sendiri. Saya tinggal di sebelahnya. Selama ini memang dia sering mengeluh sakit,”ujarnya.

Keluarga menurut Rahmiyanti, sudah melakukan upaya pengobatan, namun penyakitnya tak kunjung sembuh. “Semenjak ibu meninggal dunia, bapak tinggal sendiri dirumah. Anak kandung bapak kerja di Jakarta. Dia datang dua minggu sekali,”ungkapnya.

Polisi yang tiba dilokasi, lalu melakukan olah tempat kejadian perkara.

Kapolsek Gunung Putri, Kompol Dicky mengatakan, korban tewas murni akibat gantung diri.

“Setelah olah TKP dan mendengarkan keterangan saksi, korban meninggal dunia, murni akibat bunuh diri. Kami juga tak menemukan tanda-tanda kekerasan dari tubuh korban,”tandas Kompol Dicky.
(yopi/sir)