Sunday, 21 July 2019

Pemimpin Korea Utara Perintahkan Eksekusi 15 Pejabat Penting

Rabu, 29 April 2015 — 18:21 WIB
Kim-Ju-Korut

PYONG YANG – Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, yang dikenal sebagai pemimpin tangan besi, memerintahkan eksekusi kepada 15 pejabat yang menentang perintahnya. Demikian The South Korea National Intelligence Service (NIS) mengatakan kepada Majelis Nasional Korea Selatan hari ini

Demikian dilaporkan media Korea Selatan, Yonhap mengutip pernyataan lembaga spionase Korsel, National Intelligence Service (NIS) dan dilansir Reuters, Rabu (29/4/2015).
“Kim Jong Un menjadikan 15 pejabat yang dieksekusi, sebagai contoh bagi mereka yang berani menentangnya, ”  kata Shin Kyung- min, seorang anggota parlemen Politik Baru Korea Selatan untuk Sekutu Demokrasi (NPAD), kepada media setelah laporan NIS .

Wakil Menteri Kehutanan disebut merupakan salah satu pejabat senior yang dieksekusi mati karena mengkritik kebijakan wilayah setempat. Namun tidak disebut lebih lanjut pejabat lainnya yang juga dihukum mati.

NIS juga menyebutkan, Kim Jong Un akan pergi ke Moskow, Rusia bulan ini untuk menghadiri peringatan akhir Perang Dunia II. Kunjungan ini akan menjadi lawatan ke luar negeri pertama yang dilakukan Kim Jong Un semenjak menjabat pada tahun 2011 lalu, setelah ayahnya Kim Jong Il meninggal dunia.

Eksekusi mati terhadap pejabat tinggi di Korut, bukan lagi hal baru. Tahun 2013 lalu, Kim Jong Un memerintahkan eksekusi mati terhadap pamannya Jang Song Thaek, yang sempat menjadi orang terkuat kedua di Korut.

Jang dilaporkan dihukum mati karena melakukan korupsi dan terlibat kejahatan pidana yang merusak perekonomian Korut. Bersama Jang, sejumlah pejabat yang dekat dengannya juga dihukum mati.

Seluruh informasi soal Korut ini disampaikan NIS dalam rapat tertutup dengan komisi intelijen parlemen Korsel. – Reuters/d