Thursday, 22 August 2019

Kuasa Hukum Abraham Samad Berencana Ajukan Praperadilan

Rabu, 29 April 2015 — 22:00 WIB
Abraham Samad

Abraham Samad

JAKARTA (Pos Kota) – Ketua nonaktif Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Abraham Samad berencana mengajukan praperadilan terkait penetapan dirinya sebagai tersangka kasus pemalsuan dokumen. Kuasa hukum Abraham, Boedhi Wijardjo mengatakan, opsi tersebut masih dirapatkan dan baru akan dipastikan pekan depan.

“Secara hukum pilihan itu bisa saja dilakukan karena sudah ada dasar hukumnya. Insya Allah minggu depan akan segera dirapatkan dan diputuskan,” katanya, saat dikonfirmasi melalui pesan singkat, Rabu (29/4).

Meski begitu, menurut Boedhi, pihaknya juga mempertimbangkan opsi lainnya. Nantinya, semua opsi akan mereka pertimbangkan secara komprehensif termasuk implikasi yang mungkin muncul. “Sehingga hak-hak Pak AS benar bisa dilindungi,” paparnya.

Opsi praperadilan belakangan memang marak ditempuh oleh pihak-pihak yang ditetapkan menjadi tersangka. Kini, pilihan itu pun semakin layak ditempuh mengingat Mahkamah Konstitusi (MK) telah memutus bahwa penetapan tersangka merupakan salah satu objek gugatan praperadilan.

Abraham Samad ditetapkan menjadi tersangka kasus pemalsuan dokumen oleh Polda Sulselbar, Minggu (17/2). Abraham dituding memalsukan dokumen berupa KTP, Paspor dan Kartu Keluarga untuk seorang wanita bernama Feriyani Lim. (yulian)