Tuesday, 20 November 2018

Kasal Pimpin Sertijab

Muchammad Richad Menjabat Komandan Puspomal

Kamis, 30 April 2015 — 11:50 WIB
Foto- Salam komando, Kasal Laksamana TNI Ade Supandi bersama Danpuspomal Laksamana Pertama TNI Muchammad Richad dan Brigjen TNI (Mar) Gunung Heru Wibowo di Mako Puspomal, Kelapa Gading, Jakarta Utara. (ilham)

Foto- Salam komando, Kasal Laksamana TNI Ade Supandi bersama Danpuspomal Laksamana Pertama TNI Muchammad Richad dan Brigjen TNI (Mar) Gunung Heru Wibowo di Mako Puspomal, Kelapa Gading, Jakarta Utara. (ilham)

KELAPA GADING (Pos Kota) – Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Ade Supandi, melantik Komandan Pusat Polisi Militer Angkatan Laut ( Danpuspomal) dari Brigjen TNI (Mar) Gunung Heru Wibowo kepada Laksamana Pertama TNI Muchammad Richad di Markas Komando Pusat Polisi Militer, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis (30/4).

Ade meminta Laksma TNI Muchammad Richad meningkatkan kedisiplinan prajurit ‎sehingga dapat menjalankan tugasnya dengan baik. Menurut Ade banyak prajurit yang melakukan tindakan pelanggaran disiplin hingga melakukan pelanggaran hukum yang mengakibatkan munculnya citra negatif pada institusi TNI AL.

“Saya mengharapkan dengan kepemimpinan Danpuspomal yang baru ini dapat melaksanakan penegakan hukum, disiplin, tata tertib di lingkungan TNI AL secara konsisten dan berkelanjutan, serta mampu mengelola penanganan pelanggaran ssecara preemtif, preventif, hingga Represif sehingga mampu menghasilkan prajurit yang taat hukum sebagai salah satu pilar prajurit yang profesional,” kata Ade.

Polisi Militer TNI AL berdasarkan UU Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI memiliki fungsi utama sebagai penegak hukum, penegak tata tertib dan disiplin, melakukan penyidikan pelanggaran baik disiplin maupun kriminal yang dilakukan oleh prajurit TNI AL.

“Dengan mengusung dan berpedoman pada semboyan “Wijna Wira Widhayaka”, maka diharapkan seluruh anggota Puspomal dapat menegakkan peraturan dan disiplin dengan baik dengan disertai watak kesatria, arif, dan bijaksana,” ujar Ade.

‎Laksma TNI Muchammad Richad merupakan lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan ke-31 pada tahun 1986. Sedangkan Brigjen TNI Gunung Heru Wibowo yang saat ini ‎menjabat sebagai Staf Khusus Kasal di Mabesal merupakan lulusan AAL angkatan ke-28 pada 1983.

Sebelum menjabat sebagai Danpuspomal, Richad yang kelahiran Kudus, 9 Juni 1960, pernah menjabat sebagai Wakil Komandan Puspomal pada tahun 2010. Ia juga merupakan lulusan Seskoal angkatan ke-37 dan Sesko TNI angkatan ke-36.

(ilham/sir)