Sunday, 24 September 2017

Imigrasi Jakarta Selatan Razia WNA di Apartemen Kalibata City

Rabu, 6 Mei 2015 — 8:54 WIB

JAKARTA (Pos Kota)- Untuk ketertiban administrasi kependudukan, Kantor Imigrasi Jakarta Selatan merazia warga negara asing (WNA) di  Apartemen Kalibata City (AKC), Jakarta Selatan. Dalam razia tersebut dijaring sekitar 100 WNA dari berbagai kewarganegaraan.

“Setelah kami periksa secara singkat ternyata 19 WNA tidak memiliki dokumen keimigrasian yang lengkap sehingga mereka kami angkut untuk pemeriksaan lebih lanjut ,” kata Kepala Kantor Imigrasi Jakarta Selatan Cucu Koswala petugas Imigrasi Selasa malam.

Menurut Cucu, sebagian besar WNA yang terjaring di AKC berasal dari negara-negara di kawasan Timur Tengah. Selebihnya dari Eropa, Australia, dan negara-negara di kawasan Asia, Amerika, dan Afrika.

Dari hasil pemeriksaan dokumen para WNA tersebut ke Indonesia memiliki berbagai kepentingan. Diantaranya terdapat WNA yang memiliki visa turis ternyata bekerja.

“Tidak sedikit juga yang memiliki surat keterangan dari UNHCR sebagai pengungsi atau mereka yang tengah mencari suaka politik,” tambah Cucu.

General Manager AKC Evan T. Walad mengakui banyak WNA yang tinggal di Apartemen Kalibata City. Tetapi untuk mengetahui dokumen kependudukan mereka tentu tidak bisa dilakukan pengelola.

Karena itu ia sangat terbantu dengan  razia WNA yang digelar Kantor Imigrasi . Sebab pihaknya sendiri tidak memiliki wewenang memeriksa door to door dokumen keimigrasian para penghuni yang tinggal atau menghuni apartemen Kalibata City.(faisal)