Friday, 23 June 2017

Koarmabar Tangkap Kapal Ikan Thailand

Rabu, 6 Mei 2015 — 15:05 WIB
Foto- KIA Thailand yang ditangkap di perairan antara Tarempa dan Midai dikawal Kapal Angkatan Laut (KAL) Baruk menuju Lanal Tarempa.

Foto- KIA Thailand yang ditangkap di perairan antara Tarempa dan Midai dikawal Kapal Angkatan Laut (KAL) Baruk menuju Lanal Tarempa.

JAKARTA (Pos Kota) – Komando Armada RI kawasan Barat (Koarmabar) kembali lagi menangkap dan mengamankan sebuah Kapal Ikan Asing (KIA) berbendera Thailand yang diduga melakukan kegiatan illegal fishing di wilayah perairan yuridiksi nasional Indonesia.

Kali ini, KIA Thailand tersebut ditangkap dan diperiksa Kapal Angkatan Laut (KAL) Baruk saat tengah melakukan kegiatan menangkap ikan di perairan antara Tarempa dan Midai, pada posisi 02 44 30 U – 107 26 40 T. Setelah diperiksa lebih lanjut, nahkoda KIA tidak dapat menunjukkan surat-surat dan dokumen kapal.

Kapal tersebut diketahui bernama Laut Natuna 15 dan termasuk kapal jenis trawl. Kapal yang lambungnya berwarna hijau dengan bangunan warna putih ini diawaki 17 ABK berkebangsaan Thailand dan saat ditangkap memuat 350 Kg ikan campuran.

Selanjutnya, KIA dengan bobot 105 Gross Tonnage (GT) beserta ABK-nya dikawal KAL Baruk bersama KRI Silas Papare-386 menuju Lanal Tarempa guna poses pemeriksaan lebih lanjut.

(dispenarmabar/sir)