Monday, 24 July 2017

Manuel Neuer Juga Layak jadi Pahlawan

Kamis, 7 Mei 2015 — 8:49 WIB
Manuel Neuer beberapa kali menyelamatkan gawangnya dari serbuan pemain Barca (reuters)

Manuel Neuer beberapa kali menyelamatkan gawangnya dari serbuan pemain Barca (reuters)

BARCELONA- Gawangnya memang bobol tiga kali, namun Manuel Neuer tetap harus dipuji.Meski sesumbarnya akan menghentikan laju Messi tidak terbukti, kiper Bayern Munich ini layak dapat acungan jempol.

Betapa tidak, jika bukan karena kehebatannya, mungkin di gawang Bayern Munich akan terjadi hujan gol. Beberapa kali penyelamatan gemilan dilakukan kiper Timnas Jerman ini.

Peluang pertama Barcelona hadir melalui sepakan Luis Suarez pada menit ke-7. Sayangnya, tendangan Suarez masih lemah sehingga mampu dihentikan Manuel Neuer dengan mudah.

Suarez memiliki peluang kedua pada menit ke-12. Kali ini, kesempatan Suarez mencetak lebih besar karena tinggal berhadapan dengan Neuer. Namun, aksi gemilang Neuer mampu menyelematkan sepakan mendatar Suarez dari jarak dekat.

Peluang berikutnya terjadi pada menit ke-36. Lionel Messi dijatuhkan di luar kotak penalti yang berujung tendangan bebas. Namun, tendangan bebas Messi masih bisa ditangkap Neuer.

Pada menit ke-39, Barcelona kembali mendapatkan peluang emas. Kali ini, umpan terobosan Andres Iniesta tertuju kepada Dani Alves yang naik membantu serangan. Alves melepaskan tendangan voli yang ternyata dihentikan Neuer menggunakan kakinya. Neuer tampil gemilang dan pertandingan babak pertama pun berakhir imbang 0-0.

Memasuki babak kedua beberapa kali Neuer berjibaku. Namun 15 menit menjelang laga bubar, pertahanan Bayern Munich mulai kedodoran. Ini adalah awal petaka bagi gawang Neuer.

Menit 77 gawang Neuer akhirnya jebol dan penontotn di Camp Nou bergemuruh. Berawal dari sodoran Dani Alves, Messi melepaskan sepakan kaki kiri ke ujung kiri Neuer, bola yang meluncur keras tak mampu dibendung Neuer. Barcelona memimpin 1-0.

Tiga menit berselang La Pulga lagi-lagi menjadi mimpi buruk pasukan Guardiola. Messi mengelabui Boateng, sebelum men-chop bola dan menciptakan gol kedua Barca sedangkan Neuer tak lagi mampu menggapai bola.

Tambahan waktu empat menit, Neymar berhasil mengunci kemenangan Barcelona dengan menciptakan gol ketiga. Lepas dari perangkap Offside, Neymar berlari mendrible bola sebelum mengelabui Manuel Neure dengan sepakan mendatarnya.Hingga peluit berbunyi lantang, Barcelona menang dengan skor 3-0, namun Neuer tetap jadi pahlawan Bayern Munich. (B)