Saturday, 22 September 2018

137 Ribu Siswa SMA Lolos SNMPTN 2015

Sabtu, 9 Mei 2015 — 17:09 WIB

JAKARTA (Pos Kota)- Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) mengumumkan secara resmi hasil seleksi pada Sabtu petang (9/5) pukul 17;00 WIB. Dari 852.093 siswa yang mendaftarkan diri, 137.005 siswa diantaranya dinyatakan lolos dimana 31.908 siswa diantaranya adalah penerima program bidikmisi (bantuan pendidikan mahasiswa miskin).

Ketua Umum Panitia SNMPTN Rohmat Wahab mengatakan sejak awal panitia sebenarnya menyediakan 152 ribu bangku kosong. Tetapi dari hasil seleksi, ternyata hanya 137 ribu saja yang memenuhi syarat baik secara administratif maupun skor.

“Jadi ada sekitar 15 ribu bangku yang tidak terisi melalui proses SNMPTN,” jelas Rohmat.

Menurutnya hasil seleksi ini masih status dengan syarat. Karena hasil seleksi masih harus diverifikasi mengingat kelulusan siswa belum diumumkan.

Dari hasil evaluasi, keketatan program studi saintek adalah farmasi, pendidikan teknik informatika, informatika, sistem komputer, tehnik pertambangan, dan teknik mesin. Sedang untuk prodi soshum adalah manajemen, televisi dan film, pariwisata, dan akuntansi.

Kemudian 10 besar PTN penerima SNMPTN adalah Universitas Brawijaya, Universitas Haluoleo, Universitas Negeri Manado, Universitas Diponegoro, UPI, Universitas Riau, UGM, Universitas Sumatera utara, Universitas Negeri Malang dan Universitas Padjajaran.

Untuk mengakses pengumuman hasil seleksi SNMPTN bisa dibuka melalui laman http;//www.snmptn.ac.id. Selain itu dapat pula dilihat melalui laman UI, ITB, ITS, Undip, unair, UGM, Unsri, Unhas, Untan, Unand dan IPB.

Rohmat mengingatkan peserta yang dinyatakan lulus seleksi SNMPTN 2015 harus memperhatikan ketentuan antara lain status penerimaan peserta SNMPTN sebagai mahasiswa di PTN tujuan, akan ditentukan berdasarkan verifikasi data akademik (rapor dan portopolio asli) yang akan dilaksanakan oleh PTN yang bersangkutan.
Kemudian kehadiran pada saat registrasi (daftar ulang) pada tanggal 9 Juni 2015 akan menentukan proses verifikasi dan status penerimaan peserta SNMPTN sebagai mahasiswa PTN. Dan bagi peserta SNMPTN dinyatalan lolos verifikasi maka status peserta SNMPTN ditetapkan diterima sebagau mahasiswa di PTN tujuan tersebut.

Bagi peserta SNMPTN yang merupakan peserta Bidikmisi selain dilakukan verifikasi terhadap data akademik, PTN tujuan akan melakukan juga verifikasi data ekonomi dan/ atau kunjungan ke alamat tinggal peserta SNMPTN untuk menetapkan status penerimaan peserta SNMPTN sebagai mahasiswa. (Inung)