Wednesday, 26 September 2018

Lewat Film Let’s Play, Ghost

Damien Raih Sutradara Terbaik di Amerika

Senin, 11 Mei 2015 — 8:49 WIB
Foto-Damien Dematra.(ist)

Foto-Damien Dematra.(ist)

DAMIEN Dematra meraih pencapaian luar biasa dalam kariernya sebagai sutradara. Lewat film Let’s Play, Ghost, Demian merebut gelar Sutradara Terbaik di American Movie Awards 2015. Prestasi tersebut sangat spesial bagi Damien, karena pada 1982 Steven Spielberg juga mendapatkan penghargaan yang sama lewat film Raiders of the Lost Ark.

Nama-nama besar Hollywood seperti Meryl Streep (The Deer Hunter), Jane Fonda, Burt Reynolds, Clint Eastwood, Robert Duvall, Henry Fonda (On Golden Pond), Katharine Hepburn (On Golden Pond), Sally Field dan Warren Beatty pernah pula meraih penghargaan di ajang bergengsi itu. Sementara, Damien menjadi orang Asia pertama.

“Kemenangan di American Movie Awards ini adalah bukti bahwa siapa saja dapat menjadi sutradara film asalkan mau berusaha dan belajar dari kesalahan-kesalahannya,” ujar Demian saat ditemui di bilangan Thamrin, Jakarta Pusat.

Damien belajar film secara otodidak, lewat buku-buku dan bermodalkan keberanian praktik lapangan.

“Berani berbuat salah dan belajar dari kesalahan itu adalah sekolah film terbaik. Aku terinspirasi oleh pernyataan Steven Spielberg, bahwa sekolah film yang terbaik adalah film pertama kita,” ujarnya.

Ironisnya, film Let’s Play, Ghost yang sudah malang melintang di berbagai festival Internasional sejak tahun 2013 dan telah memenangkan puluhan penghargaan, malah tidak memperoleh tempat yang layak di negerinya sendiri. Bahkan, meski posternya telah dipasang di berbagai bioskop Indonesia pada 2013, tetapi film itu tak pernah kunjung ditayangkan hingga sekarang, tanpa Demian tahu alasannya.

“Ini menjadi salah satu bukti carut-marutnya dunia perfilman di tanah air, dimana film Indonesia tidak bisa menjadi tuan rumah di negaranya sendiri,” katanya menyesali.
(anggara/bu)