Thursday, 17 August 2017

Bogor Kini Punya Air Mancur Indah

Minggu, 17 Mei 2015 — 16:20 WIB
Air Mancur Bogor02

BOGOR (Pos Kota) – Meski tak segemerlap dan sebesar Air Mancur di Bundaran Hotel Indonesia,  namun  Air Mancur di Jl. Sudirman, Kota Bogor kini kembali menjadi kembanggaan warga kota hujan.

Air mancur yang hampir rampung direnovasi dengan menghabiskan anggaran Rp590 juta kini nampak indah dengan kilaua air warna-warni.

Sejumlah warga   yang semula melintasi jalan pada malam Minggu   terpaksa singgah hanya sekedar memandangi keindahan Air Mancur ini.  Bahkan  banyak warga lain yang sengaja membawa keluarga  ke Taman Air Mancur (TAM).

“Meski tak segemerlap Air Mancur di Bundaran HI, tapi kami bangga Air Mancur kembali menjadi salah satu ikon Kota Bogor,” ucap Liwswandi, warga Kelurahan. Kebon Kelapa,  Sabtu malam.

Muncratan air warna-warni menambah keindahan di sekitar taman ini. “Kaget saya. Air Mancur kini lebih indah. Bisa jadi TAM berpotensi  menjadi salah satu tujuan wisata malam hari di pusat Kota Bogor,” timpal Nandang, warga lainnya.

Air Mancur Bogor01

Air Mancur di Kota Bogor kini kembali menjadi kebanggaan warga  Kota Bogor

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Bogor Irwan Rianto, mengatakan saat ini TAM  masih dalam tahap uji coba belum diresmikan, sebab pengerjaan belum 100 persen rampung. “Kita masih lakukan uji coba terutama lampunya,” ujarnya.

Menurutnya, renovasi  secara keseluruhan dengan  menambah fasilitas tempat duduk dan sejumlah  tanaman, tapi tetap ada air mancurnya, hanya saja pakai ornbamen lampu warna-warni. Sedangkan tugu sejarah, juga tak dihilangkan “Anggaranya Rp590 juta dari CSR,” bebernya.,

Menurutnya,  Jl. Sudirman itu dulunya merupakan jalan utama Kota Bogor dengan titik nol di TAM dan merupakan bagian dari Jl Postweg atau Jalan Raya Pos dari Anyer sampai Panarukan yang dibangun  Hindia Belanda pada masa pemerintahan Gubernur-Jenderal Herman Willem Daendels. Sedangkan TAN merupakan air mancur pertama paling tua yang ada di Indonesia.

“Sebab itulah kita mengusulkan  ke Kementerian Pendidikan dan  Kebudayaan, TAM masuk benda cagar budaya  sebagai warisan budaya yang dimiliki Kota Bogor,” tutupnya. (iwan/d)

Foto :