Sunday, 23 September 2018

Kondisi Tempat Rekreasi Situ Gintung Memprihatinkan

Minggu, 17 Mei 2015 — 9:20 WIB
Foto-Tugu prasasti korban bencana jebolnya tanggul Situ Gintung tak terpelihara dengan baik. (anton)

Foto-Tugu prasasti korban bencana jebolnya tanggul Situ Gintung tak terpelihara dengan baik. (anton)

CIPUTAT (Pos Kota) – Kondisi tempat penampungan air Situ Gintung memprihatinkan sebagian pinggir jogging trak yang ada sama sekali tak terawatt dengan baik karena tumbuh rumput dan batang pohon yang melintang di atasnya termasuk areal taman tugu prasasti banyak coretan.

Kondisinya sekarang terkesan terbengkalai dan dibiarkan begitu saja sehingga program Pemkot Tangsel kawasan yang tadinya bakal dijadikan tempat rekreasi, sarana olah raga dan tempat bermain warga sama sekali tak terlihat, kata Ny. Narti, warga Ciputat.

“Sangat disayangkan kalu dibiarkan begini terus dikhawatirkan bakal bertambah rusak dan sulit memperbaiki serta merawatnya,” kata ibu tiga anak yang bermukim tak jauh dari kawasan Situ Gintung, Ciputat.

Hal senada juga dikatakan Ujang, pedagang gorengan, di sekitar pintu air Situ Gintung, sekarang sudah tak ada lagi sarana bermain seperti delman, odong-dong dan lainnya karena tak layak untuk dipergunakan sarana bermain serta rekreasi.

Lokasi ini tepatnya, tambah dia, hanya dipergunakan untuk rekreasi bagi warga yang gemar atau suka memancing di sekeliling Situ Gintung. “Setiap hari memang ada saja orang yang memancing di areal ini khususnya dipinggir situ,” tuturnya sambil menambahkan sekitar pintu air, tugu prasasti maupun jalan yang ada di pinggir situ kalau malam hari gelap tak ada lampu penerangan.

Pemantau Pos Kota, kawasan yang pernah digadang-gadang sebagai tempat rekreasi keluarga kini terkesan sama sekali tak terawatt dan terpelihara dengan baik. Sekeliling Situ Gintung seluas 22 Ha yang menggunakan kon blok hampir sebagian besar pinggiran lahan ditumbuhi rumput liar.

Belum lagi tugu prasasti yang terbuat dari baja putih terkesan sama sekali tak ada perawatan dan pemeliharaan. Batu prasasti yang dulu sempat terpasang di dekat tugu hilang dan diganti dengan sejumlah coretan oknum tak bertanggung jawab.

(anton/sir)