Friday, 23 August 2019

Pemkot Tangsel Hanya `Omdo` Perbaiki Jalan Rusak

Senin, 18 Mei 2015 — 8:21 WIB
Foto- Sejumlah warga yang meminta sumbangan ditengah Jl. Raya Cirendeu usai menutup dengan batu atau tanah merah di jalan yang rusak. (anton)

Foto- Sejumlah warga yang meminta sumbangan ditengah Jl. Raya Cirendeu usai menutup dengan batu atau tanah merah di jalan yang rusak. (anton)

CIPUTAT (Pos Kota) – Warga dan pemakai kendaraan mendesak Pemkot Tangerang Selatan (Tangsel) tak hanya umbar janji dalam memperbaiki kerusakan sejumlah ruas jalan utama dan protokol yang ada di kawasan Kec. Pamulang dan Ciputat.

Pasalnya, upaya dan program perbaikan yang dijanjikan sampai saat ini masih belum ada.

“Paling tidak ada upaya penutupan sementara agar kendaraan bisa melintas aman dan tak terjadi kecelakaan di malam hari khususnya bagi pengendara sepeda motor,” keluh Ny. Reni, warga Ciputat.

Untuk perbaikan tentunya harus dilakukan karena kondisinya sudah tak layak dilewati karena hampir sebagian besar badan jalan rusak parah dan bergelombang hingga membuat kendaraan harus perlahan melintas khususnya di Jl. Raya Cirendeu depan Masjid At Taubah dan lainnya.

Menurut dia, tambal sulam yang dilakukan juga harus dikerjakan dengan professional sehingga mampu bertahan lama. “Jangan baru tiga minggu dikerjakan kondisinya rusak lagi seperti perbaikan atau tambal sulam badan jalan lainnya,” tuturnya.

Lain lagi, Yusuf, warga Pamulang, mengatakan kerusakan di Jl. Raya Arya Putera, Siliwangi dan Cirendeu sangat parah hingga membuat arus lalulintas hampir setiap hari terjadi kemacetan dan antrean panjang.

Upaya perbaikan jangan hanya omong doang (Omdo) seperti selama ini hingga membuat warga atau pemakai kendaraan kesal. Bahkan, belakangan muncul ‘pak ogah’ atau warga sekitar yang mencoba membantu menutup badan jalan yang rusak dengan puing atau tanah merah dengan meminta imbalan suka rela di tengah jalan.

“Yang perlu diperhatikan penambalan badan jalan yang rusak sambil menunggu perbaikan total dan pelebaran badan jalan yang ada terutama di Jl. Raya Arya Putera, Siliwangi, Pamulang, Cirendeu dan Pondok Cabe karena jalan itu menjadi jalan utama bagi warga Bogor, Depok dan Tangsel yang ingin beraktivitas sehari-hari,” tuturnya.

Menanggapi keluhan pemakai jalan dan warga Tangsel, Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany, mengatakan hendaknya warga dan pemakai kendaraan bersabar karena pihaknya memang sudah memprogramkan upaya perbaikan di sejumlah ruas jalan yang rawan kecelakaan atau kerusakan jalan.

(anton/sir)