Tuesday, 22 May 2018

Arsenal, City dan MU Hadapi Tim ‘Berat’ di Liga Champions

Selasa, 19 Mei 2015 — 23:54 WIB
Van Gaal akan memimpin pemain-pemain MU menghadapi laga berat di Liga Champions  musim depan (reuters)

Van Gaal akan memimpin pemain-pemain MU menghadapi laga berat di Liga Champions musim depan (reuters)

LONDON- Arsenal, Manchester City dan Manchester United bisa menghadapi lawan-lawan yang lebih berat di babak penyisihan grup Liga Champions musim depan.

Perubahan sistem penentuan unggulan membuat Arsenal tidak lagi berada di pot unggulan utama, yang sekarang hanya ditempati oleh delapan tim yang menjuarai liga domestik.

Pot tersebut akan diisi oleh Barcelona, Bayern Muenchen, Benfica, Chelsea, Juventus, Paris Saint-Germain, PSV Eindhoven, dan Zenit.

Dengan demikian, di atas kertas Arsenal dan Man City bisa satu grup dengan salah satu tim unggulan utama tersebut, kecuali Chelsea karena UEFA tidakĀ  membolehkan satu grup diisi oleh dua tim dari negara yang sama.

Berdasarkan sistem UEFA yang baru, poin yang didapat Arsenal lebih dari cukup untuk masuk pot unggulan kedua, yang akan diisi oleh Atletico Madrid, Manchester City, FC Porto, dan Real Madrid.

Poin ini dihitung berdasarkan prestasi tim di Liga Champions di Liga Europa dalam lima musim terakhir.

Manchester United, yang akan menempati posisi empat klasemen akhir Liga Primer, berlaga di Liga Champions namun harus melewati babak kualifikasi sebelum masuk ke babak penyisihan grup, yang berarti mereka harus turun di dua pertandingan ekstra.

Karena tidak masuk unggulan utama, hampir pasti United akan berada di grup berat, seandainya mereka lolos dari babak kualifikasi.

Babak penyisihan grup akan mulai digelar pada 15 dan 16 September sedangkan putaran akhir dijadwalkan pada 8 dan 9 Desember.

Babak final Liga Champions 2015-2016 akan diselenggarakan di San Siro, Milan, pada 29 Mei.(BBC)