Wednesday, 14 November 2018

Gelombang Panas Landa India, 430 Orang Tewas

Senin, 25 Mei 2015 — 20:32 WIB
Gelombang panas juga landa New Delhi suhu mencapai 44,5 derat Celcius sehingga banyak warga berendam di sungai (reuters)

Gelombang panas juga landa New Delhi suhu mencapai 44,5 derat Celcius sehingga banyak warga berendam di sungai (reuters)

ANDAR PRADESH  – Lebih dari 430 orang tewas akibat gelombang panas yang menyapu India. Korban paling banyak berasal dari negara bagian Andar Pradesh dan Telangana yang berada di selatan India.

Harian Times of India melaporkan hari Minggu kemarin, tercatat 165 orang tewas karena gelombang panas yang mencapai suhu 48C. Sebagian besar kematian dilaporkan karena kepanasan dan dehidrasi ekstrim.

Pemerintah setempat mengumumkan akan memberikan uang duka cita hingga Rp20 juta sebagai bantuan kepada keluarga yang menjadi korban bencana alam.

Pemerintah telah meminta warga tetap tinggal di dalam ruangan dan meminum banyak air.Departemen Meteorologi India mengatakan kemungkinan suhu tinggi masih akan tetap ada hingga beberapa hari kedepan.

Menurut penelitian Potsdam Institute for Climate Impact Research, karena tingginya polusi udara, setiap tahunnya India diperkirakan akan mengadapi gelombang panas selama 40 hari.

Pada tahun-tahun sebelumnya, gelombang panas biasanya berakhir setelah musim hujan datang. Walaupun musim hujan di wilayah selatan India akan dimulai pada 31 Mei, untuk wilayah utara India musim hujan baru datang beberapa minggu kemudian. (The Times of India/daus)