Sunday, 21 October 2018

Ratusan Botol Miras Disita di Tiga Kelurahan

Selasa, 26 Mei 2015 — 15:31 WIB
Miras Kelurahan

KEBAYORAN LAMA (Pos Kota) – Razia minuman beralkohol (miras) terus dilancarkan Kecamatan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Ratusan miras dengan kadar alkohol di atas 5% dari berbagai merek disita dari sejumlah warung kelontong di tiga kelurahan.

“Kami serentak menyisir warung kelontong yang tidak memiliki izin penjualan dan diduga masih menjual miras termasuk miras oplosan yang tersebar di tiga kelurahan yakni Grogol Selatan, Kebayoran Lama Utara dan Pondok Pinang,” kata Camat Kebayoran Lama, Munjirin Rasyid didampingi Wakil Camat, Endang Effendi saat operasi miras di Kelurahan Pondok Pinang, Selasa (26/5).

Razia ini lanjut Munjirin menindaklanjuti Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 06 Tahun 2015 tentang pengendalian dan pengawasan minuman beralkohol. Sedangkan golongan A yang mempunyai kadar alkohol di bawah 5 persen hanya bisa dijual di supermarket.

Endang Effendi menambahkan tim gabungan yang bergerak di tiga lokasi secara terpisah satu per satu menyambangi warung dan toko kelontong. Sebelumnya sosialisasi terkait Permendag No 6/2015 sudah dilakukan oleh masing-masing kelurahan di Kecamatan Kebayoran Lama.

“Di Kelurahan Grogol Selatan, razia miras nihil. Sedangkan di Kelurahan Kebayoran Lama Utara dan Pondok Pinang petugas menyita 350 botol miras dengan kadar alkohol di atas 5% dari berbagai merek,” ungkap Wakil Camat Kebayoran Lama.

Ratusan botol miras yang disita itu langsung diangkut ke Kecamatan Kebayoran Lama untuk dikumpulkan dari hasil razia lainnya dan segera dimusnahkan. Di antaranya anggur putih, anggur kolesom, intisari dan bir hitam.

Adapun kedua pedagang diwajibkan membuat surat pernyataan diketahui pengurus RT/RW untuk tidak menjual miras lagi. “Jika masih nekad, pedagang itu akan kami proses dengan sanksi terberat,” ancam Endang. (Rachmi/d)

foto: Wakil Camat Kebayoran Lama, Endang Efendi (kanan) menyita ratusan botol miras saat razia miras di tiga kelurahan di Kecamatan Kebayoran Lama, Jaksel. (Rachmi)