Wednesday, 19 September 2018

Usai Makan Nasi Uduk 26 Warga Keracunan

Kamis, 28 Mei 2015 — 20:29 WIB
Korban keracunan nasi uduk dirawat di puskesmas

Korban keracunan nasi uduk dirawat di puskesmas

LEBAK (Pos Kota) – Sebanyak 26 warga Cibadak, , Kabupaten Lebak Banten, keracunan  nasi uduk yang dibeli dari Ninih, 50, warga setempat. Dari 26 warga yang keracunan 23 orang dilarikan ke Puskesmas Cibadak karena mengalami muntah, mual, pusing bahkan sebagian korban ada yang pingsan.

Ninih  juga ikut keracunan setelah dirinya mencicipi nasi uduk buatannya sendiri sebelum ia jual. Ninih mengaku, sudah puluhan tahun berjualan nasi uduk dan selama itu belum pernah mengalami hal seperti ini. Ini membuatnya sangat takut. “Saya tidak tahuapa yang menyebabkan keracunan,” kata ninih.

Suryadi, bagian Survailans Puseksmas Cibadak menyatakan, 26 korban keracunan 11 masih dirawat di puskesmas.
“Yang keracunan mulai dari balita usia dua tahun sampai orang tua, semua korban merasakan hal yang sama yakni pusing, mual, dan muntah usai makan nasi uduk beserta sambel oncom dan bihun,” kata Suryadi.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lebak, HM Sukirman mengatakan, pihaknya saat ini telah mendirikan posko di kampung setempat selama 24 jam guna mengantisipasi terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Terkait penyebab terjadinya keracunan, pihaknya koordinasi dengan kepolisian. Bahkan sample makanan yang dikonsumsi korban dibawa oleh petugas guna menyedidikan.

“Kita tunggu saja hasil labnya kalau tidak besok lusa hasilnya dapat kita ketahui apakah nasi uduk, sambal oncom atau bihun yang mengakibatkan keracunan. Bahkan air minum yang disediakan penjual juga kita periksa,” terang Sukirman.(haryono)