Saturday, 20 October 2018

Warga Keluhkan Kondisi Puskesmas di Halim

Kamis, 28 Mei 2015 — 23:08 WIB
Puskesmas Kelurahan Halim PerdanaKusumah dikeluhkan warga

Puskesmas Kelurahan Halim PerdanaKusumah dikeluhkan warga

MAKASAR (Pos Kota) – Warga Kelurahan Halim Perdana Kusuma, Makasar, Jakarta Timur, mengeluhkan kondisi puskesmas di wilayahnya. Pasalnya, ruang pelayanan  di lantai 2 membuat warga khususnya lansia, kesulitan untuk berobat.

Keluhan inilah yang disampaikan Burhan, 41, warga sekitar, yang menilai a pasien lansia yang harus berjuang keras untuk mendapatkan pengobatan. Pasalnya, puskesmas yang kerap terendam banjir ini, ruang pelayanannya  harus dipindahkan ke lantai 2 gedung tersebut. “Kami cuma kasian dengan warga yang sudah tua. Mereka yang sudah sakit pasti kesulitan untuk naik,” ujarnya, Kamis (28/5).

Untuk itu, ia pun mengharapkan kepada Suku Dinas Kesehatan Jakarta Timur, memberikan solusi terhadap hal tersebut. Pasalnya, dengan kondisi puskesmas yang ada saat ini, banyak warga yang mengurungkan diri untuk berobat di tempat tersebut. “Mudah-mudahan saja ada solusi untuk permasalahan itu,” ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Anggota DPRD dari komisi E, Johan Musyawa, yang membawahi bidang kesehatan menilai, permasalahan tersebut harus segera diatasi. Jangan sampai warga Jakarta kesulitan untuk mendapatkan pengobatan. “Mereka itu kan datang mau berobat. Cuma belum diobati saja sudah kesulitan, jadi ini harus segera diatasi,” katanya.

Menurut pria yang mengaku sudah mendatangi kawasan tersebut, untuk memecahkan permasalahan tersebut, pihaknya akan berkordinasi dengan camat dan lurah. Pasalnya, ada  lahan yang berada di samping kantor kelurahan yang bisa membuat akses tembus ke lantai 2 gedung tersebut. “Jadi nanti masuk dari Kelurahan Halim, dan langsung masuk ke lantai 2. Warga lansia jadi tak kesulitan lagi,” ungkapnya.

Untuk itu, lanjut Johan, pihaknya akan bersurat ke Dinas Kesehatan DKI jakarta untuk dapat segera merealisasikan hal tersebut. Dari suratnya itu, diharapkan Dinas Kesehatan segera mengambil tindakan untuk mengatasi kesulitan warga itu. “Segera akan saya kirimkan surat,” tuturnya.

Terkait hal tersebut, Kasudin Kesehatan Jakarta Timur, Iwan Kurniawan mengaku, pihaknya memang sudah merencanakan untuk melakukan renovasi dibeberapa puskesmas. Renovasi itu pun sudah dianggarkan untuk di tahun 2015 ini dan 2016 mendatang. “Untuk tahun ini, kami akan merehap 6 puskesmas. Tahun depan, ada 20 puskesmas yang akan direnovasi,” paparnya.

Ditambahkan Iwan, pihaknya memang sudah menganggarkan perbaikan pada setiap puskesmas yang ada di wilayahnya. Renovasi itu akan dilakukan pada setiap puskesmas yang kondisinya sudah tak layak agar dapat memberikan pelayanan maksimal terhadap warga. “Intinya kami akan merehap semua puskesmas yang sudah jelek dan terkena banjir,” ungkap kasudin. (Ifand)