Thursday, 20 September 2018

Usai Hadiri Pesta Ulang Tahun, 93 Warga Keracunan Makanan

Jumat, 29 Mei 2015 — 11:33 WIB
Foto-Ilustrasi.

Foto-Ilustrasi.

BANDUNG (Pos Kota) – Usai menghadiri pesta ulang tahun anak tetangga, 93 warga Kampung Bojong Jaya, Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut, tumbang akibat keracunan. Hingga Jumat (29/5) puluhan warga masih dirawat di Puskesmas setempat dan sisanya rawat jalan.

Didin,50, seorang warga menjelaskan, keracunan yang menimpa puluhan warga terjadi Kamis malam sekitar pukul 21.00. Sore harinya, warga setempat ramai ramai menghadri pesta ulang tahun anak tetangga.

Pulang dari pesta, kata dia, warga setempat pulang diberi dua yang berisi nasi kuning, sambel, ketimun, kentang, telur dan the hijau kemasan. Selang beberapa jam kemudian, akunya, warga se kampung. Itu oun tumbang diduga karena racunan makanan.“ Malam hari 93 warga diangkut ke Puskesmas. Mereka diimfus karena kehabisan cairan,“ tandasnya.

Hingga Jumat masih banyak warga yang menjalani perawan di Puskesmas setempat.

Kasie Pengamatan Penyakit, Dinas Kesehatan Kabupaten Garut, Ade Rohimat, ke wartawan menyebutkan jumlah warga yang timbang diduga keracunan makanan 93 orang. Mereka keracunan setelah menyantap makanan dari tetangga yang berulang tahun. “ Kami sudah memeriksa sampel makanan diantaranya telur, nasi kuning, dan kentang,“.

Ia menambahkan, hingga Jumat jumlah korban yang dirawat 67 orang dan 24 korban rawat jalan. “ Mereka rata rata mual, muntah, dan kehabisan cairan karena diduga keracunan,“ pungkasnya.

(dono/sir)