Monday, 19 November 2018

Sambut HJB, Warga Bersihkan Sungai Ciliwung

Sabtu, 30 Mei 2015 — 13:39 WIB

BOGOR (Pos Kota) – Puncak Hari Jadi Bogor (HJB) ke 533 tahun 2015 yang jatuh pada hari ini Sabtu (30/5), warga menyambut dengan beragam kegiatan. Salah satunya yakni dengan melakukan kegiatan positif berupa membersihkan aliran Sungai Ciliwung.

Seperti yang dilakukan puluhan warga Kelurahan Baranangsiang Kecamatan Bogor Tengah Kota Bogor, turun ke Sungai Ciliwung untuk memungut sampah yang mengambang dan tersangkut di antara bebatuan sungai yang airnya bermuara ke Jakarta ini. Warga tanpa ada perbedaan usia, saling bahu-membahu memungut sampah dan dikumpulkan ke dalam karung.

Sikap antusias warga ini, karena ingin air sungai tidak tercemar oleh sampah. Warga menilai, aliran Sungai Ciliwung perlu dijaga kebersihannya, sebab tak sedikit warga yang memanfaatkan airnya untuk kebutuhan mencuci dan mandi.

Endang, 46, warga Baranangsiang  menyambut positif kegiatan bersih-bersih ini. “Saya merasa senang bisa mengikuti bersih-bersih Ciliwung. Sungai ini perlu dijaga kebersihannya. Ini sungai bersejarah,”ujarnya.
Sampah yang dikumpulkan, akan dihitung dan dilombakan. Bagi warga yang berhasil mengumpulkan sampah terbanyak, akan mendapatkan hadiah.

Koordinator Lomba Mulung Sampah Ciliwung, Muhamad Muslich mengatakan, ada 45 titik yang menjadi target membersihkan sampah di sepanjang 26 kilometer sepanjang aliran Sungai Ciliwung. Selain warga dari 13 kelurahan, lomba ini juga melibatkan unsur pelajar, mahasiswa, komunitas pecinta lingkungan, perusahaan serta TNI.

“Acara ini sudah enam kali dilakukan dan digelar setiap HJB. Pada tahun 2014,  sampah yang berhasil terangkut sebanyak 2.089 karung,” ungkapnya. Dengan tema “Hayu Urang Koroyok Runtah Ciliwung” ini, ia berharap agar  warga tergugah untuk tidak membuang sampah di aliran Sungai Ciliwung. (yopi/yo)