Saturday, 22 September 2018

Bersih Bersih Jakarta Selatan, Angkut Sampah dari Pela Mampang

Minggu, 31 Mei 2015 — 18:49 WIB
BBJS Mampang Prapatan

MAMPANG PRAPATAN (Pos Kota) – Belasan meter kubik sampah diangkut saat Bersih-Bersih Jakarta Selatan (BBJS) di RW 03 Kelurahan Pela Mampang, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Aksi bersih lingkungan ini dipantau anggota DPRD DKI Jakarta, Achmad Yani.

“Kami rutin adakan kerja bakti setiap Minggu pagi karena memang sudah kebutuhan warga di sini,” kata Amril, warga RW 03 Kelurahan Pela Mampang, Minggu (31/5).

Sejak pagi warga berbekal alat-alat kebersihan sudah berdatangan ke lokasi RW 03 untuk memoles lingkungan agar tampil kinclong.

Warga kian bersemangat membersihkan lingkungannya dengan hadirnya Camat Mampang Prapatan, Asril Rizal, Wakil Camat, Achmad Sofyan, Sekretaris Camat, Syaiful Rahman, Lurah Pela Mampang, Mariana. Juga wakil rakyat dari Kebon Sirih, Achmad Yani.

Achmad Yani memberi apresiasi kepada warga RW 03 Pela Mampang yang peduli terhadap lingkungan dengan rutin kerja bakti.

“Semangat kemandirian warga dalam membenahi kawasan dengan aktif kerja bakti mingguan patut disyukuri dan hendaknya bisa berkelanjutan,” ujarnya senang.

Asril Rizal, Camat Mampang Prapatan yang ikut mengeruk sampah juga salut atas inisiatif warganya yang rajin menggempur lingkungan sehingga dapat menjadi nyaman, bersih dan sehat.

“Kebersihan pangkal kesehatan, gotong royong membersihkan lingkunganĀ  hendaknya kita lestarikan sebagai bentuk kearifan lokal,” ungkapnya.

Sementara itu Lurah Pela Mampang, Mariana menambahkan sekitar 40 personil dari tiga pilar yakni Kecamatan, Kelurahan, jajaran Muspika bersama warga setempat berjibaku membersihkan sampah. Termasuk memangkas pepohonan yang sudah rindang sehingga lingkungan jadi terlihat terang. Sekitar 12 meter kubik sampah dan lumpur saluran langsung diangkut untuk dibuang ke TPST Bantar Gebang.

“Kepedulian semua pihak dalam BBJS harus terus ditingkatkan sesuai Perda nomor 3/2013 tentang pengelolaan sampah agar lingkungan tidak menjadi hutan sampah,” ungkapnya. (Rachmi/d)

foto: Camat Mampang Prapatan, Asril Rizal (ke2 dari kiri), Lurah Pela Mampang, Mariana, Wakil Camat Achmad Sofyan, Sekretaris Camat, Syaiful Rahman saat BBJS di RW 03 Pela Mampang, Jaksel. (Rachmi)