Wednesday, 26 September 2018

Penyanyi Akon akan “Sinari” 600 Juta Penduduk Afrika

Rabu, 3 Juni 2015 — 18:54 WIB
Akon mengumumkan akan meluncurkan Solar Academy di Bomako, Mali

Akon mengumumkan akan meluncurkan Solar Academy di Bomako, Mali

MALI – Sebagian besar orang mengidentikkan penyanyi Akon dengan lagu seperti “I Wanna Love You” atau “Smack That”. Namun kini, orang juga akan mengingat dia sebagai orang yang mendedikasikan hidupnya untuk mengembangkan sumber energi alternatif.

Baru-baru ini penyanyi yang menghabiskan masa kecilnya di Senegal mengumumkan akan meluncurkan Solar Academy di Bomako, Mali. Di akademi ini, teknisi dan wirausahawan setempat akan belajar bagaimana memanfaatkan tenaga matahari sebagai sumber listrik.

Program yang diberi nama “Akon Lightning Afrika” bertujuan untuk memberikan listrik tenaga surya bagi lebih dari 600 juta warga Afrika.

Menurut organisasi tersebut, rata-rata benua ini mendapat sinar matahari sepanjang 320 hari pertahun.

Samba Baithily, yang menjadi rekan pendiri Akon Lighting Africa bersama Akon dan Thione Niang mengatakan kepada Reuters,”Kita punya matahari dan teknologi inovatif untuk mendapatkan listrik bagi perumahan dan komunitas. Yang perlu kita lakukan adalah memperkuat keahlian warga Afrika.”

Program ini akan mencapai dua hal: menyediakan energi alternatif yang ramah lingkungan dan menciptakan lapangan pekerjaan. Di akademi tersebut, semua orang dari berbagai tingkat pendidikan diberi kesempatan untuk membangun sumber listrik yang akan menerangi rumah mereka.

Walaupun beberapa orang barat akan menjadi penyedia peralatan dan pelatihan, Akon ingin proyek ini benar-benar mengakar di Afrika. Solar Academy diharapkan sudah dibuka pada musim panas ini.(independent.co.uk/daus)