Tuesday, 25 September 2018

Menteri Yohana: Semua Instansi Wajib Sediakan Ruang Menyusui

Jumat, 5 Juni 2015 — 13:42 WIB
Menteri PP dan PA Yohana Yambise memberikan penjelasan terkait daycare centre dan ruang ASI ditempat kerja. (Inung)

Menteri PP dan PA Yohana Yambise memberikan penjelasan terkait daycare centre dan ruang ASI ditempat kerja. (Inung)

JAKARTA (Pos Kota)- Semua instansi baik milik pemerintah maupun swasta wajib menyediakan ruang ASI, ruang penitipan anak (day care centre) dan fasilitas pelayanan kesehatan bagi pekerja perempuan. Kebijakan yang tertuang dalam Peraturan Menteri Nomor 5 tahun 2015 tersebut berlaku untuk instansi atau perusahaan yang mempekerjakan kaum perempuan sejak Juni 2015 ini.

“Penyediaan sarana kerja yang responsif gender dan peduli anak di tempat kerja saat ini sudah sangat urgen,” kata Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP dan PA) Yohana Yambise.

Menurut Yohana penyediaan sarana kerja yang responsif gender dan memperhatikan kepentingan terbaik serta proses tumbuh kembang anak akan menjadi stimulus dalam meningkatkan produktivitas perempuan dan laki-laki. Baik dilingkungan instansi pemerintah maupun swasta tanpa membedakan pembagian waktu/jam kerja mengingat keduanya adalah sumberdaya yang potensial dan handal.

Menteri mengingatkan bahwa pengasuhan dan perlindungan anak di lingkungan kerja dan keluarga tidak hanya menjadi tugas dan tanggungjawab perempuan. Namun juga menjadi tugas dan tanggungjawab setiap orang yang berada disekitar lingkungannya.

Dikatakan Yohana anak merupakan potensi sumberdaya insan pembangunan yang wajib dilindungi hak-haknya dan dijamin tumbuh kembangnya. Oleh karena itu KPP dan PA juga berupaya memberikan perlindungan kepada anak yang dalam kesehariannya ditinggal kerja kedua orangtuanya.

“Enam bulan lagi saya akan keliling ke instansi-instansi dan perusahaan, mana yang sudah menerapkan dan mana yang belum,” sambungnya.

Menteri sendiri masih berupaya meningkatkan aturan ini menjadi peraturan presiden dengan bentuk sanksi-sanksi yang lebih tegas.

(inung/sir)