Wednesday, 29 March 2017

Tariq Aziz, Mantan Pembantu Sadam, Meninggal di Penjara

Jumat, 5 Juni 2015 — 23:27 WIB
Tariq Aziz pernah menjadi wajah rezim Saddam Hussein ketika menjabat sebagai menteri luar negeri Irak dan wakil perdana menteri.

Tariq Aziz pernah menjadi wajah rezim Saddam Hussein ketika menjabat sebagai menteri luar negeri Irak dan wakil perdana menteri.

BAGHDAD- Tariq Aziz, yang dikenal sebagai wajah rezim Saddam Hussein di panggung dunia selama bertahun-tahun, telah meninggal di penjara di Irak, kata para pejabat.

Aziz, 79 tahun, bertugas sebagai Menteri Luar Negeri Irak dan Wakil Perdana Menteri Irak serta merupakan penasihat dekat Saddam Hussein.

Ia dijatuhi hukuman mati oleh Mahkamah Agung Irak tahun 2010 karena memersekusi partai-partai agama ketika berada di bawah pemerintahan Saddam.

Namun hukuman matinya ini tidak pernah dilaksanakan.

Aziz menyerahkan diri kepada pasukan Amerika Serikat di tahun 2003 sesaat setelah jatuhnya Baghdad.

Aziz, yang dikenal karena kacamata berbingkai hitamnya dan kesukaannya akan cerutu, pertama menjadi terkenal ketika bertugas sebagai menteri luar negeri selama berlangsungnya Perang Teluk pertama di tahun 1991.

Sebagai pemeluk Kristen di tengah-tengah pemerintahan yang mayoritas Muslim Sunni, ia tidak dipandang sebagai lingkungan paling dekat dengan Saddam.

Namun ia memainkan peran penting sebelum invasi AS ke Irak tahun 2003, dengan bertemu Paus Yohanes Paulus II di Vatikan guna menyerukan perdamaian.(BBC)