Saturday, 25 November 2017

Raja Lampung jadi Kapolda Lampung

Selasa, 9 Juni 2015 — 18:26 WIB
Brigjen Pol. Drs Edwar Syah Pernong SH  (ist)

Brigjen Pol. Drs Edwar Syah Pernong SH (ist)

LAMPUNG (Pos Kota) -Raja Kerajaan Adat Paksi Pak Skala Brak Lampung Barat, Brigjen Pol. Drs Edwar Syah Pernong SH menggantikan Brigjen Pol. Heru Winarko, sebagai Kapolda Lampung.

Perjalanan karier , Brigjen Pol. Edwar Syah Pernong cukup fantastik.  Edward Syah Pernong  yang sebelumnya menjabat KaroRenmin Bareskrim Polri kemudian menjabat Kapolda Lampung.

Di kalangan adat Lampung, Edwar dikenal sebagai Raja Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Brak Lampung Barat.  Paksi Buay Pernong Lampung bergelar Sultan Sekala Brak yang Dipertuan XXIII

Pernong jadi Kapolda Lampung dituangkan dalam Surat Telegram Kapolri No. ST/1242/VI/2015 tanggal 5 Juni 2015. Selain Kapolda Lampung, sejumlah kapolda  lain juga akan diganti, yakni kapolda Metro Jaya, Kapolda Kalimantan Tengah, Kapolda Jawa Barat, Kapolda Kalimantan Selatan, dan Kapolda Maluku Utara.

Pelantikan  pejabat keamanan daerah itu dijadwalkan pekan ini di Mabes Polri. Sementara serah-terima jabatan akan berlangsung di polda masing-masing.

Brigjen Edward Syah Pernong memunculkan harapan baru bagi masyarakat Lampung. Edward adalah raja di Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Brak Paksi Buay Pernong bergelar Sultan Sekala Brak. Edward tidak hanya menyandang pangkat perwira tinggi polisi bintang satu, tetapi juga mengemban tugas sebagai raja.

Brigjend Pol Heru Winarko, yang akan menjabat sebagai Pati SSDM Polri dalam rangka penugasan pada Kemenkopolhukam, mengucapkan, terima kasih kepada seluruh pemerintah, tokoh masyarakat dan seluruh masyarakat Lampung atas segala dukungan selama menjabat sebagai Kapolda Lampung.

“Saya berharap kedepannya bisa lebih baik dan semakin maju,” ungkap Heru saat peletakan batu pertama pembangunan Mako Polres Mesuji.

“Selamat dan sukses untuk Sai Batin Puniakan Dalom Beliau Edward Syah Pernong. Semoga amanah tersebut, bisa melindungi dan mengayomi masyarakat Lampung,” ujar Bupati Lampung Barat. Mukhlis Basri.(Koesma)