Tuesday, 20 November 2018

KDI Mampu Lahirkan Bintang

Sabtu, 13 Juni 2015 — 6:48 WIB
Mahesya dan Azizah

Mahesya dan Azizah

KONTES Dangdut Indonesia atau KDI adalah ajang pencarian bakat penyanyi dangdut yang sudah melegenda. Pamornya tak pernah surut. Ribuan anak muda selalu memadati lokasi audisi setiap kali KDI digelar.

Menariknya, meski hanya lolos di babak audisi, banyak dari peserta itu yang mencantumkan kata KDI di belakang nama mereka. “Mereka bangga menyandang nama KDI,” begitu kata Parlin dari tim produksi.

Gelar atau kata KDI menjadi sangat berarti buat mereka. Karena kata itu memiliki nilai jual tinggi. Job manggung akan berdatangan jika menyandang nama KDI. Tak heran pula, para penyanyi dangdut yang lahir dari ajang tersebut sebagian besar masih menyandang kata KDI.

Kelebihan KDI dengan ajang sejenis adalah, bahwa program ini pada akhirnya melahirkan bintang-bintang dangdut ternama, yang tetap eksis di kancah hiburan.

“KDI  memang melahirkan bintang, bukan pemenang. Aura kebintangan mereka langsung bersinar begitu ikut KDI. Pamor mereka tak surut ketika tetap menyandang kata KDI di belakang nama mereka,” kata Parlin lagi. “Itu sesuai dengan tagline KDI, yakni Jadilah Bintang,” tambahnya.

Aura bintang memang terus bersinar memayungi para penyanyi dangdut jebolan KDI. Mereka tak hanya eksis di panggung-panggung terbuka, tetapi juga di televisi. Bahkan, ada jebolan KDI yang sangat dipakai di televisi swasta lain. Nassar, salah satunya. Penyanyi jebolan KDI pertama ini, kini jadi komentator atau tim penilai di ajang pencarian bakat penyanyi dangdut yang digelar salah satu televisi swasta.

JADI PELOPOR

KDI adalah pelopor  ajang pencarian bakat penyanyi dangdut. Sejak pertama kali digelar  pada 2004 hingga kini 2015, KDI telah mencetak  banyak penyanyi dangdut muda berbakat yang melengkapi industri musik Tanah Air.

Sejumlah nama jebolan KDI yang sukses melenggang menjadi bintang di blantika musik dangdut Tanah Air, adalah Siti KDI, Nassar KDI, Maya KDI, Selfi KDI, Gita KDI, Yendri KDI dan masih banyak lagi. Mereka ikut  mewarnai industri musik dangdut Indonesia.

Juara 1 KDI 1, Siti Rachmawati yang akrab disapa Siti KDI, sukses menjadi penyanyi dangdut wanita ternama. Dia bahkan berhasil menyabet penghargaan untuk kategori Artis Solo Dangdut Kontemporer dalam ajang Anugerah Musik Indonesia (AMI) 2005. Siti juga sempat membintangi sejumlah sinetron dan menjadi pembawa acara sebuah program reality show.

Gita KDI pun tidak kalah sukses, Juara 1 KDI 2 ini, juga pernah menyabet penghargaan sebagai Pendatang Baru Terbaik dalam Anugerah Musik Dangdut 2005.

Tahun 2015 ini lahir lagi 48 penyanyi dangdut muda yang menyandang kata KDI di belakang nama mereka. Dua diantaranya menjadi yang terbaik, yakni Mahesya dan Azizah.

“KDI 2015 menjadi ajang dangdut yang bergengsi dan menampilkan kontestan yang tak hanya bertalenta di bidang musik dangdut, tapi juga berkarakter serta bermental bintang. Ajang ini sekaligus membuktikan komitmen MNCTV untuk selalu menjadi media terdepan dalam memajukan  musik dangdut tanah air,” kata Kanti Mirdiati selaku Managing Director MNCTV. (anggara)