Wednesday, 21 November 2018

DKI Juara Umum LKS SMK Tingkat Nasional

Senin, 15 Juni 2015 — 10:00 WIB
Foto-Direktur Pembinaan SMK Mustaghfirin Amin. (Inung)

Foto-Direktur Pembinaan SMK Mustaghfirin Amin. (Inung)

JAKARTA (Pos Kota)- Kontingen asal DKI Jakarta kembali meraih gelar juara umum dalam Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK tingkat nasional 2015. Tim ini berhasil membawa 15 piala juara I, 9 piala juara 2 dan 9 piala juara 3.

Dengan keberhasilan tersebut berarti DKI telah 3 tahun berturut-turut menjadi juara umum LKS SMK tingkat nasional yakni tahun 2013, 2014 dan 2015.

Sedang peringkat kedua LKS SMK 2015 diraih tim dari provinsi Jawa Tengah dengan 11 piala juara 1, 8 piala juara 2, dan 8 piala juara 3. Dan posisi ketiga ditempati oleh provinsi Jawa Timur dengan 9 piala juara 1, 10 piala juara 2, dan 6 piala juara 3.

Direktur Pembinaan SMK, Ditjen Dikmen, Kemendikbud, Mustaghfirin Amin mengatakan tahun ini merupakan LKS dengan jumlah peserta terbanyak, yaitu lebih dari 2.000 orang.

“Jumlah yang terlibat cukup besar mulai dari siswa peserta lomba, juri, guru pendamping, dan model,” katanya saat penutupan LKS SMK 2015.

Dari sekian banyak siswa peserta diakui Mustaghfiri, sebagian diantaranya adalah siswa yang disiapkan mengikuti World Skills Competition di Brazil tahun ini.

Mustaghfirin menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada dunia usaha dan industri yang telah memberikan kesempatan bagi para juara untuk menjadi karyawan. Ucapan yang sama juga ditujukan bagi sejumlah perguruan tinggi yang memberikan kesempatan bagi para juara 1 untuk mendaftar dan menjadi calon guru SMK.

Sementara itu Dirjen Pendidikan Menengah, Kemendikbud, Achmad Jazidie mengaku bangga atas prestasi yang diperoleh siswa-siswa terbaik SMK. Ia juga bangga karena seluruh 34 provinsi di Indonesia mengirimkan perwakilannya dalam setiap bidang lomba.

LKS SMK melombakan 52 bidang lomba yang terbagi dalam lima kelompok besar, yaitu teknologi, bisnis dan pariwisata, pertanian, seni, serta kriya. Sebagian besar lomba diselenggarakan di ICE Tangerang, Banten, sementara enam bidang lomba lainnya dilaksanakan di sejumlah sekolah.

(inung/sir)

 

  • redi

    BOLEH KAN