Sunday, 23 September 2018

Sambut Ramadhan, Bocah Makasar Pawai Sambil Shalawat

Senin, 15 Juni 2015 — 22:05 WIB
Karnaval bocah Makasar, Jakarta Timur, dalam menyabut Ramadhan. (ifand)

Karnaval bocah Makasar, Jakarta Timur, dalam menyabut Ramadhan. (ifand)

MAKASAR (Pos Kota) – Pawai karnaval untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan, digelar ratusan warga RW 08 Kebon Pala, Makasar, Jakarta Timur, Senin (15/6) malam. Dengan menggunakan busana muslim dan dihiasi berbagai ornamen, mereka berkeliling kampung sepanjang 4 kilometer.

Suara lantunan sholawat tak henti-hentinya dikumandangkan para peserta pawai yang sebagian besar anak-anak itu. Meski tampak kelelahan berjalan, namun anak-anak ini tampak semangat dalam mengikuti pawai tersebut.

Mitha, 10, salah seorang peserta pawai mengaku sangat gembira dengan pawai tersebut. Pasalnya, dari kegiatan tersebut menandakan bahwa lebaran sebentar lagi. “Soalnya besok sudah mau puasa. Habis itu lebaran deh,” ujarnya senang.

Dikatakan bocah kelas 4 ini, untuk mengikuti acara tersebut, ia pun sudah mempersiapkan diri dari jauh-jauh hari. Terlebih, begitu menjelang hari H, ia pun sudah tidak sabar lagi untuk ikut dalam karnaval ramadhan tersebut. “Tadi saya sudah dandan dari sore. Soalnya biar ini kan acaranya setahun sekali,” tuturnya.

Sementara itu, tokoh masyarakat sekitar, H. Abdul Malik menuturkan, melalui kegiatan tersebut, ia ingin mengajak anak-anak bergembira untuk menyambut bulan suci Ramadhan. “Kegiatan ini membiasakan anak-anak gembira dalam menyambut ramadhan. Dari situ, pastinya anak-anak akan bisa mengikuti puasa dengan baik,” ujarnya.

Dikatakan H. Malik, dalam kegiatan ini, setidaknya 600 anak-anak dari berbagai tempat pengajian dan pendidikan islam, berkumpul untuk merayakan datangnya bulan suci. Dimana melalui pawai itu, anak-anak ini juga ikut mengingatkan orang-orang agar rajin berpuasa. “Kegiatan ini juga merupakan acara tahunan yang kerap digelar warga,” ungkapnya. (ifand)