Friday, 20 October 2017

Penetapan Awal Puasa

Selasa Sore, Sidang Itsbat Digelar Kemenag Berlangsung Tertutup

Senin, 15 Juni 2015 — 15:19 WIB

JAKARTA (Pos Kota) – Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar Sidang Itsbat pada hari Selasa (16/6), di Gedung Kemenag, Jakarta. Sidang tersebut untuk menentukan awal Ramadhan 1436 H.

Sidang Isbat itu dipimpin Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, dan akan dihadiri pimpinan organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Islam dan perwakilan dari negara-negara sahabat.

Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam (Bimas) Kemenag Machasin saat dihubungi kemarin menyatakan, isbat akan dimulai pukul 16:00 WIB, diawali dengan pemaparan dari Badan Hisab dan Rukyat Kemenag tentang posisi hilal menjelang awal Ramadhan 1436H. Proses isbat akan berlangsung tertutup, dan dijadwalkan berlangsung selepas salat Magrib, setelah adanya laporan hasil rukyatul hilal dari lokasi pemantauan di seluruh Indonesia.

Sebelumnya, Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan Badan Hisab dan Rukyat Al Washliyah. Kedua Ormas Islam ini telah menetapkan awal Ramadhan jatuh pada hari Kamis, 18 Juni 2015. Penetapan awal puasa sesuai hasil telah hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah.

Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin menyatakan penetapan awal Ramadhan itu dapat menjadi pedoman warga Muhammadiyah dalam menjalankan ibadah puasa.

Sementara Ormas Islam Al Washliyah mengimbau umat Islam tetap menunggu pengumuman resmi pemerintah melalui putusan sidang itsbat yang digelar oleh pejabat Kemenag dan pimpinan Ormas Islam.

(johara/sir)