Saturday, 17 August 2019

Piala Amerika 2015

Hadapi Kolombia, Brasil Harus Waspada

Rabu, 17 Juni 2015 — 9:20 WIB
Kapten Kolombia Radamel Falcao Garcia dan James Rodriguez (kanan) dua pemain Kolombia yang wajib diwaspadai Brasil (reuters)

Kapten Kolombia Radamel Falcao Garcia dan James Rodriguez (kanan) dua pemain Kolombia yang wajib diwaspadai Brasil (reuters)

SANTIAGO (Pos Kota) – Salah satu tim unggulan di Piala Amerika 2015,  Brasil akan kembali mendapat ujian menghadapi Kolombia dalam lanjutan fase Grup C di Stadion Monumental, Kamis (18/6) pagi WIB. Laga ini akan menentukan nasib Kolombia setelah dikalahkan Venezuela 1-2 pada laga pembuka. Karena itu Tim Samba harus waspada.

Kolombia yang terancam tersingkir dini pasti akan mati-matian melawan Brasil. Posisinya saat ini juru kunci Grup C tanpa angka, bersama Peru. Sebenarnya, Kolombia datang dengan kekuatan cukup mumpuni. Sederet nama yang berlaga di kompetisi Eropa, seperti Radamel Falcao (Manchester United) dan James Rodriguez (Real Madrid) bahkan tengah dalam kondisi prima jelang laga nanti.

Apalagi ada motivasi lebih dalam diri James Rodriguez jika menghadapi Brasil, yakni ingin membayar kekecewaan di Piala Dunia 2014. Saat itu, James Rodriguez sampai harus menangis terisak-isak setelah Kolombia takluk 1-2 di tangan Brasil pada babak perempatfinal. Ironisnya, kedua gol penentu kemenangan Brasil di laga itu, dicetak oleh duo pemain belakang, yakni Thiago Silva dan David Luiz. Sedangkan satu gol balasan Kolombia dicetak James Rodriguez lewat titik putih.

“Itu sebuah hal yang menyakitkan. Tapi, itu bukan balas dendam. Itu hanya sebuah pertandingan dan saya pikir laga kali ini akan menjadi laga yang menarik. Saya pikir itu akan menjadi pertandingan yang terbuka meghadapi Brasil dan mereka akan memberi kami lebih banyak ruang. Mereka bisa menciptakan beragam situasi saat menyerang dan itu harusnya membuka ruang buat kami untuk menyerang juga. Mereka bermain (menyerang) dan membuka lawannya untuk juga bermain (terbuka),” beber James Rodriguez seperti dikutip Reuters.

BELUM AMAN

Motivasi lebih yang dimiliki James Rodriguez tentunya harus diwaspadai Brasil yang sempat mengalami kesulitan untuk mengalahkan Peru 2-1 pada laga pembuka. Pasalnya, meski memimpin Grup C dengan tiga angka, Brasil belum sepenuhnya bisa mengamankan tiket lolos ke fas knock-out.
Skuad besutan Carlos Dunga itu masih butuh satu kemenangan lagi untuk memastikan tempat ke babak selanjutnya. “Kami masih butuh kemenangan lagi untuk bisa mengamankan tempat ke fase selanjutnya,” tegas Dunga.

Kemenangan atas Kolombia tidak hanya menjaga peluang Brasil lolos ke fase berikutnya, tapi juga usaha untuk membangkitkan asa tim Samba pasca kegagalan di Piala Dunia 2014. Dunga kemungkinan masih akan mengandalkan Neymar sebagai motor serangan di lini depan.

Pada laga lainnya di Grup C, Peru baru akan menghadapi Venezuela Jumat (19/6) pagi WIB. Laga ini akan menjadi ajang hidup-mati bagi kedua tim yang tidak diunggulkan di Piala Amerika tahun ini. (junius)

REKOR PERTEMUAN:
06-09-14, Brasil vs Kolombia 1-0
05-07-14, Brasil vs Kolombia 2-1
15-11-12, Brasil vs Kolombia 1-1
16-10-08, Brasil vs Kolombia 0-0

PRAKIRAAN PEMAIN:
Brasil (4-2-3-1): Jefferson (g); Miranda, Dani Alves, Filipe Luis, David Luiz; Willian, Fernandinho; Roberto Firmino, Diego Tardelli, Neymar; Douglas Costa.

Kolombia (4-3-3): Ospina (g); Zapata, Armero, Murillo, Zúñiga; Sánchez, Valencia, Cuadrado; Rodríguez, Falcao, Bacca.