Friday, 22 June 2018

Ini Dia Janji Ahok yang Baru, Bangun Jalur Layang Khusus Sepeda

Rabu, 17 Juni 2015 — 8:34 WIB
Jalur khusus sepeda do Melawi terbengkalai diserobot Bajaj

Jalur khusus sepeda do Melawi terbengkalai diserobot Bajaj

JAKARTA (Pos Kota) – Gubernur DKI Jakarta, Ahok berencana membangun jalur layang khusus untuk peseda. Sehingga pengguna kendaraan tersebut dapat dengan nyaman dan aman menjalankan aktifitasnya.

Pembuatan jalan layang khusus peseda ini dikatakan Ahok juga sebagai alternatif dari minimnya ketersediaan lahan. Di jalur layang sepeda ini, kendaraan lain tidak diperbolehkan untuk melintas, karena dirancang khusus untuk pengguna sepeda. “Nah kita akan pikirkan lagi, bikin jalan layang untuk pesepeda,” kata Ahok di Balaikota, Selasa (16/6).

Menurut mantan Bupati Belitung Timur ini, tidak mungkin lagi jalur sepeda dibuat di jalur eksisting, karena keterbatasan lahan. Selain itu, jika dibangun di jalur eksisting akan terus diserobot oleh kendaraan lainnya. “Karena saya lihat untuk seluruh Jakarta, tidak bisa lagi bangun jalan khusus sepeda, karena sudah diserobot. Satu-satunya cara bagaimana, bikin jalur sepeda di atas,” ucapnya.

Konsep jalur sepeda layang yang akan dibangun yakni dengan menyediakan lahan untuk parkir. Jalur juga akan terintegrasi dengan Bus Transjakarta. Sehingga warga bisa memarkirkan sepeda di lahan yang disediakan dan langsung berpindah ke Transjakarta.

“Kita siapkan parkiran di atas yang tinggi pakai tangga. Jadi orang naik motor tidak mungkin naik. Tinggal sepeda ditaruh saja, kamu sudah punya kartu untuk naik bus, kamu tempelkan. Kamu bisa cabut itu sepeda,” ucapnya.

Menurut Ahok, indikator kemajuan sebuah negara dapat diukur dari tingkat pengguna sepeda yang berada di negara tersebut. Semakin banyak pengendara sepeda yang berada di sebuah negara, maka semakin negara tersebut dapat dikategorikan sebagai negara maju. Ahok mencontohkan, banyaknya pengendara sepeda di Jepang dapat dijadikan salah satu alat ukur untuk menilai kemajuan di negara samurai tersebut.

“Negara makin maju itu biasanya mereka lebih mencintai sepeda. Kayak di Jepang, di sana ada satu pulau hanya boleh memakai sepeda. Jadi kita datang ke situ, semuanya memakai sepeda,” kata Ahok memberikan contoh.

Hingga saat ini, jalur sepeda di Jakarta masih minim keberadaannya. Salah satu jalur sepeda terdapat di Taman Ayodya hingga Jalan Mahakam dan Jalan Melawai di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Selain itu, ada juga jalur khusus sepeda di sisi Kanal Banjir Timur yang dibuat dan diresmikan pada 2012 lalu.(guruh)