Tuesday, 27 June 2017

Rumah Sakit Swedia Buka Klinik Korban Pemerkosaan Khusus Pria

Jumat, 19 Juni 2015 — 15:34 WIB
Sekitar 370 kasus pelecehan seksual terhadap lelaki dilaporkan di Swedia tahun lalu, lapor media setempat

Sekitar 370 kasus pelecehan seksual terhadap lelaki dilaporkan di Swedia tahun lalu, lapor media setempat

STOCKHOLM- Rumah sakit di ibu kota Swedia, Stockholm, akan membuka klinik darurat pertama bagi lelaki korban pemerkosaan.

Rumah Sakit South General sudah memiliki layanan rawat jalan untuk menangani kasus pemerkosaan atau pelecehan seksual terhadap perempuan.

Namun mereka mengumumkan akan mulai melayani pria dewasa dan remaja pria mulai Oktober tahun ini. Sekitar 370 kasus pelecehan seksual terhadap lelaki dilaporkan di Swedia tahun lalu, lapor media setempat.

“Anggapan umumnya adalah bahwa lelaki tidak bisa diperkosa,” kata Dr Lotti Helstrom kepada Radio Sweden. Dia mengatakan topik pemerkosaan lelaki masih “sangat tabu” namun terjadi lebih sering dari yang diperkirakan.

Dr Helstrom mengatakan penting bagi lelaki untuk memiliki akses perawatan darurat seperti halnya perempuan korban pemerkosaan.

Rumah sakit itu sudah memiliki layanan 24 jam bagi perempuan korban pemerkosaan yang ditangani dokter, bidan, perawat, psikolog dan pekerja sosial.

Seorang juru bicara dari Swedish Association for Sexuality Education (RFSU) menyambut baik pengumuman itu.

Inger Bjorklund mengatakan pada koran The Local bahwa sebuah klinik yang diperuntukkan bagi lelaki korban pemerkosaan akan “berkontribusi terhadap kesadaran adanya pelecehan seksual di antara pria”.(BBC)